Pengertian Gerak Harmonik

Pengertian Gerak Harmonik - Telah dicontohkan bahwa gerakan bandul pada suatu jam (jam bandul) adalah gerak harmonik. Jadi, gerak harmonik adalah gerak bolak-balik dengan melalui suatu titik seimbang. Sebuah benda pada pegas yang digetarkan akan bergerak naik turun. Bandingkan dengan gerak benda melingkar beraturan yang diperoyeksikan pada sumbu vertical (sumbu Y). Gerak benda pada pegas tersebut sama dengan gerak proyeksi benda melingkar beraturan pada sumbu Y.

Gerak Harmonik

Gerak Harmonik

Gerak Harmonik

Dengan demikian, simpanan gerak harmonik meerupakan proyeksi dan amplitude pada sumbu Y. Kecepatan gerak harmonic merupakan proyeksi kecepatan linear pada sumbu Y. Percepatan pada gerak harmonic merupakan proyeksi dari percepatan sentripetal gerak melingkar pada sumbu Y.

Gerak harmonik merupakan gerak sebuah benda dimana grafik posisi partikel sebagai fungsi waktu berupa sinus (dapat dinyatakan dalam bentuk sinus atau kosinus). Gerak semacam ini disebut gerak osilasi atau getaran harmonik. Contoh lain sistem yang melakukan getaran harmonik, antara lain, dawai pada alat musik, gelombang radio, arus listrik AC, dan denyut jantung. Galileo di duga telah mempergunakan denyut jantungnya untuk pengukuran waktu dalam pengamatan gerak.

Dalam kehidupan sehari-hari, gerak bolak balik benda yang bergetar terjadi tidak tepat sama karena pengaruh gaya gesekan. Ketika kita memainkan gitar, senar gitar tersebut akan berhenti bergetar apabila kita menghentikan petikan. Demikian juga bandul yang berhenti berayun jika tidak digerakan secara berulang. Hal ini disebabkan karena adanya gaya gesekan. Gaya gesekan menyebabkan benda-benda tersebut berhenti berosilasi. Jenis getaran seperti ini disebut getaran harmonik teredam. Walaupun kita tidak dapat menghindari gesekan, kita dapat meniadakan efek redaman dengan menambahkan energi ke dalam sistem yang berosilasi untuk mengisi kembali energi yang hilang akibat gesekan, salah satu contohnya adalah pegas dalam arloji yang sering kita pakai. Pada kesempatan ini kita hanya membahas gerak harmonik sederhana secara mendetail, karena dalam kehidupan sehari-hari terdapat banyak jenis gerak yang menyerupai sistem ini.

Syarat suatu gerak dikatakan getaran harmonik, antara lain :

  • Gerakannya periodik (bolak-balik).
  • Gerakannya selalu melewati posisi keseimbangan.
  • Percepatan atau gaya yang bekerja pada benda sebanding dengan posisi/simpangan benda.
  • Arah percepatan atau gaya yang bekerja pada benda selalu mengarah ke posisi keseimbangan
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 10.48

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Gerak Harmonik yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top