Pengertian Medan

Pengertian Medan - Dalam kehidupan sehari-hari. Anda mengenal istilah medan pertempuran. Apa maksud kata medan tersebut? Medan yang dimaksud adalah suatu daerah atau kancah peperangan. Apabila berada dalam medan tersebut kita tentu akan terkena dampaknya. 

Medan Gravitasi

Medan

Medan Magnetik

Semua benda yang berada di atas permukaan bumi, keberadaannya dalam pengaruh medan gravitasi bumi. Samakah makna medan peperangan dengan medan gravitasi? Seseorang yang berada di dalam medan peperangan kemungkinan besar akan terkena tembakan. Jika berada di dalam daerah yang dipengaruhi oleh medan gravitasi, benda akan terpengaruh oleh medan tersebut. Misalnya, sebuah dilempar ke atas. Apabila tidak ada medan gravitasi, benda tersebut akan tetap bergerak ke atas. Kenyataannya, benda tersebut pada suatu saat akan jatuh kembali ke bawah. Dengan demikian, sebuah bermassa yang dipengaruhi medan gravitasi akan mendapat gaya karena medan gravitasi bumi. Secara umum, medan dapat diartikan sebagai suatu daerah yang masih dipengaruhi oleh suatu sumber yang menimbulkan medan.

Medan gravitasi bisa digambarkan sebagai garis-garis medan yang menuju pusat bumi. Mengingat bola bumi sangat besar maka medan gravitasi pada suatu tempat dapat digambarkan sebagai garis-garis sejajar yang arahnya ke bawah.

Medan dapat dibagi menjadi dua macam, yaitu medan vector dan medan sector. Medan gravitasi adalah termasuk medan vector, artinya sebuah benda yang berada dalam pengaruh medan gravitasi maka benda tersebut akan bekerja ssuatu gaya. Medan vector lainnya adalah medan listrik, medan magnetic, dan medan gaya pegas. Sebuah benda beermuatan listrik apabila diletakkan dalam medan listrik maka pada muatan tersebut gaya listrik. Berbeda dengan medan scalar, apabila suatu benda berada dalam pengaruh medan scalar tidak akan timbul gaya. Contoh medan scalar adalah medan temperature atau medan suhu. Apabila dekat dengan bara panas atau api, kita akan merasakan panasnya tetapi tidak tertarik atau tertolak oleh adanya medan temperature. Baik medan vector maupun medan scalar dapat digambarkan sebagai garis-garis medan. Medan vector atau medan gaya dapat dibagi menjadi dua, yaitu medan gaya konservatif dan medan gaya tak konservatif
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 11.03

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Medan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top