Pengertian Asma

Pengertian Asma - Pengertian asma adalah ditandai dengan kontraksi yang kaku dari bronkiolus yang menyebabkan kesukaran bernapas. Asma biasanya disebabkan oleh hipersentivitas bronkiolus (disebut asma bronkiale) terhadap benda-benda asing di udara. Pada penderita di bawah usia 30 tahun, asma kira-kira 70% disebabkan oleh hipersensivitas alergi, terutama hipersensivitas tumbuhan. Pada penderita yang lebih tua, kira-kira 70% asma disebabkan karena alergi pada bahan-bahan kimia dan kabut atau debu.

Patologi Asma

Anatomi Asma

Penyakit Asma

Asma adalah penyakit yang dapat terjadi pada siapa saja dan dapat timbul segala usia, meskipun demikian, umumnya asma lebih sering terjadi pada anak-anak usia dibawah lima tahun dan orang dewasa pada usia sekitar tigapuluh tahunan. Para ahli asma mempercayai bahwa asma merupakan penyakit keturunan dan sebagian besar orang yang menderita asma karena allergi terhadap sumber allergi tertentu.

Ketika paru-paru seorang penderita teriritasi oleh sesuatu yang menjadi pemicu asma, saluran napasnya menjadi menyempit, otot-otot di sekitarnya menjadi mengencang, dan produksi dahak meningkat. Setelah itu timbullah beberapa gejala seperti dada yang terasa sesak, sulit bernapas, mengi, dan batuk-batuk.

Serangan parah gejala-gejala tersebut dikenal sebagai serangan asma atau eksaserbasi asma akut. Penderita serangan asma bisa saja membutuhkan perawatan rumah sakit. Meski jarang terjadi, serangan asma bisa membahayakan nyawa. Bagi penderita asma kronis, radang pada saluran napasnya yang sudah berlangsung lama dan berulang-ulang bisa menyebabkan penyempitan permanen.

Jika seseorang terdiagnosis mengidap asma saat kanak-kanak, gejalanya mungkin bisa menghilang ketika dia remaja dan muncul kembali saat dewasa. Namun gejala asma yang tergolong sedang atau berat di masa kanak-kanak, akan cenderung tetap ada walau bisa juga muncul kembali. Kendati begitu, asma bisa muncul di usia berapa pun dan tidak selalu berawal dari masa kanak-kanak.

Penyakit asma bronchial disebabkan oleh banyak faktor. Jika diringkas ada dua sebab umum yaitu sebab intrinsik dan ekstrinsik, yakni ;

Penyebab intrinsik: Penyebab intrinsik biasanya adalah penyebab yang disebabkan oleh faktor dalam diri seseorang. Hal itu bisa terjadi karena penyakit seperti flu, adanya aktivitas fisik yang berat, atau karena faktor emosi. Penyakit asma yang disebabkan oleh faktor instrinsik biasanya membutuhkan waktu lama untuk sembuh. Biasanya terjadi pada orang yang berumur lebih dari 40 tahun. Jika dibiarkan terlalu lama bisa menyebabkan penyakit bronchitis kronik.

Penyebab ekstrinsik: Penyebab yang kedua adalah karena adanya faktor ekstrinsik atau faktor luar. Biasanya disebabkan karena debu, serbuk sari, bulu atau hal lain yang memicu timbulnya asma. Jenis penyakit asma karena faktor ekstrinsik ini biasanya akan sembuh sendiri seiring bertambahnya usia.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 19.36

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Asma yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top