Jumat, 05 Juni 2015

Pengertian Batu Akik

| Jumat, 05 Juni 2015
Pengertian Batu Akik - Batu akik adalah batu-batuan alam yang berasal dari alam, yang berumur ribuan sampai jutaan tahun dan telah mengalami berbagai kondisi atau telah melewati seleksi alam untuk menjadi sebuah suatu batu mulia. Batu akik ini ada bermacam-macam ada yang tembus cahaya dan ada juga yang tidak tembus cahaya tetapi memiliki warna, corak gambar atau bentuk lain yang lain yang indah dilihat. Batu akik ini sudah menjadi tren di seluruh dunia tak terkecuali di Indonesia, dan setiap negara memiliki corak dan keistimewaannya masing-masing.

Bongkahan Batu Akik

Batu Akik Bacan

Batu Akik Kalimaya

Batu Akik adalah sebuah hasil karya alam yang alami tanpa alat elektronik atau alat pabrik yang memakai proses mesin dalam pembuatannya. prosesnya yang alami yang awalnya hanya sebuah bongkahan batu besar yang di perkecil oleh  manusia dan dijadikan permata dengan keindahan yang bermacam-macam.

Sedikit membahas awal mulanya batu, semua batu awalnya dari magma, magma adalah benda cair yang panas yang menjadi lava saat keluar ke permukaan yang di sebut lahar, lahar adalah lava yang bercampur dengan gas, air, tanah tumbuhan dan material piroklastik. lava yang membeku beribu-ribu tahun terurai karena kondisi panas, hujan serta aktivitas tumbuhan dan hewan. Itulah yang disebut siklus batuan,

Batu bacan merupakan jenis batu mulia/akik asal Indonesia dan banyak ditemukan di daerah Halmahera Selatan Maluku Utara tepatnya di pulau bacan. Jenis batu bacan paling populer dan banyak dicari jenis batu bacan doko dan batu bacan palamea.

Kedua jenis batu ini menag tengah menjadi incaran, baik bagi penghobi maupun kolektor. Perbedaan batu bacan doko dan palamea terletak pada warnanya. Doko memiliki warna hijau gelap sedangkan jenis palamea berwarna hijau kebiruan. Harga batu bacan sendiri mulai dari ratusan ribu puluhan juta rupiah.

Batu kalimaya merupakan jenis permata asal banten yang banyak diburu penghobi maupun kolektor. Harga batu kali maya bisa mencapai puluhan juta untuk kualitas terbaik. Adapun khasiat batu akik kalimaya ini dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri pemakainya. Mungkin karena batu ini memiliki corak yang sangat indah dengan variasi warna yang sangat mempesona.

Batu asal Banten ini di pasaran internasional dikenal dengan sebuatan black opal dengan harga yang sangat tinggi, sehingga tidak heran jika jenis batu ini menjadi incaran kolektor mancanegara karena nilainya yang terbilang menggiurkan. Bahkan di Jepang batu permata asli Indonesia ini pernah dijadikan sebagai mahar (maskawin) dalam sebuah pernikahan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar