Pengertian Elastisitas

Pengertian Elastisitas - Perhatikan sebuah karet gelang atau karet pentil yang ditarik kemudian dilepaskan. Apa yang terjadi? Karet tersebut akan terjadi pada keadaan semula. Perhatikan juga suatu pegas yang digantungkan pada statif. Jika kita berikan beban kecil pada pegas, apa yang akan terjadi? Bagaimana apabila beban kita hilangkan? Apa yang terjadi apabila beban yang kita berikan sangat besar?

Elastisitas

Elastisitas
 
Suatu gaya dapat menyebabkan perubahan bentuk pada benda, baik benda padat, cair, maupun gas. Perubahan yang terjadi pada umumnya adalah perubahan panjang dan volume. Dua buah gaya sama besar dan berlawanan arah yang diberikan pada suatu benda mengakibatkan terjadinya perubahan bentuk benda. Perubahan itu ada yang diamati dengan mata da nada yang tidak teramati.

Suatu benda dapat berubah bentuk apabila dikenai gaya. Akan tetapi, bentuknya dapat pulih seperti semula saat gaya dihilangkan. Sifat benda seperti itu disebut elastis. Contoh benda yang bersifat elstis adalah karet dan pegas, sedangkan benda yang bersifat berubah peermanen karena gaya disebut benda tak elastis atau plastis. Contoh benda yang bersifat plastis adalah lilin mainan dan tanah liat. Berikan contoh lain benda plastis yang sering Anda temui dalam kehidupan sehari-hari. Secara garis besar, perubahan bentuk yang diakibatkan oleh gaya yang dibedakan menjadi tiga: regangan, mempatan, dan geseran.

Dua buah gaya yang besar, segaris, dan arahnya saling berlawanan jika mengenai suatu benda mengakibtkan terjadinya regangan. Dua buah gaya yang sama besar, segaris, dan arahnya saling mendekati akan mengakibatkan terjadinya mampatan pada suatu benda. Geseran terjadi jikadua buah gaya yang sama besar dan berlawanan arah bekerja pada sisi berbeda suatu benda.

Kita tinjau suatu benda yang berupa batang panjang. Perubahan yang terjadi adalah perubahan panjang. Perubahan yang disebut regangan (strain). Dalam hal ini, regangan di definisikan sebagai perubahan panjang setiap satu satuan panjang benda. Regangan bernilai positif jika benda bertambah panjang dan negative jika benda memendek.

Untuk meregangkan suatu benda diperlukan gaya. Hal itu disebabkan setiap benda mempunyai kemampuan untuk mempertahakan keadaan atau bentuknya. Kemampuan suatu benda untuk mempertahankan bentuknya. Disebut tegangan mekanik (stress) atau sering disebut tegangan saja. Tegangan benda didefinisikan sebagai gaya yang bekerja pada benda tiap satuan luas.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12.32

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Elastisitas yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top