Pengertian Peredaran Darah

Pengertian Peredaran Darah - Peredaran darah manusia merupakan peredaran darah tertutup karena darah mengalir dalam pembuluh darah. Selain itu darah beredar melewati jantung dua kali sehingga disebut peredaran darah ganda. Peredaran darah dibagi menjadi dua, yaitu sistem peredaran darah pulmonalis dan sistem peredaran darah sistemik. Sistem peredaran pulmonalis disebut juga peredaran darah kecil karena darah mengalir dari jantung melalui ventrikel kanan menuju ke paru-paru dan kembali menuju ke jantung melalui atrium kiri.

Sistem Peredaran Darah Manusia

Gangguan Peredaran Darah

Metabolit yang dihasilkan atau produk limbah (seperti urea atau asam urat) yang kemudian diangkut ke jaringan lain atau organ-organ ekskresi (ginjal dan usus besar). Juga mendistribusikan darah seperti hormon, sel-sel kekebalan tubuh dan bagian-bagian dari sistem pembekuan dalam tubuh.

Secara lengkap, sistem sirkulasi pulmonalis dapat dijelaskan sebagai berikut. Darah dari seluruh tubuh kaya dengan karbon dioksida masuk ke atrium kanan darah mengalir ke ventrikel kanan melalui katup trikuspidalis. Selanjutnya, ventrikel berkontraksi sehingga katup trikuspidalis tertutup, tetapi memaksa katup pulmonalis yang terletak pada lubang masuk arteri pulmonalis terbuka. Darah masuk ke dalam arteri pulmonalis yang bercabang ke kiri dan ke kanan. Arteriol-arteriol mengalirkan darah ke kapiler di dalam paru-paru. Di sinillah darah melepaskan karbon dioksida dan mengambil oksigen. Vena pulmonalis membawa darah yang kaya akan oksigen ke atrium kiri.

Sebaliknya, pada sistem peredaran sistemik darah mengalir ke semua jaringan tubuh sehingga disebut peredaran darah besar. Pada peredaran darah besar, darah mengalir dari jantung melalui ventrikel kiri menuju ke seluruh tubuh kecuali paru-paru. Kemudian, darah kembali lagi menuju ke jantung melalui atrium kanan. Secara lengkap sistem sirkulasi sistemik dapat dijelaskan sebagai berikut.

Dari atriumkiri, darah mengalir ke ventrikel kiri melalui katup bikuspidalis. Kontraksi ventrikel menyebabkan katup aorta membuka. Pada aorta terdapat arteri-arteri ini menuju ke arteriol-arteriol, yang selanjutnya memberikan darah ke kapiler menuju ke seluruh bagian jantung. Kapiler-kapiler ini disaring oleh venula yang menuju ke vena koroner (vena dari dan ke jantung) yang bermuara ke atrium kanan. 
 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 13.46

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Peredaran Darah yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top