Pengertian Revolusi Industri

Pengertian Revolusi Industri - Revolusi industri adalah perubahan besar dalam memproduksi barang yang dulunya dikerjakan dengan tangan (tenaga manusia) menjadi dikerjakan dengan mesin (tenaga mesin). 

Rvolusi Industri

Revolusi Industri
Inggris adalah Negara yang dianggap sebagai pelopor Revolusi Industri. Berbagai macam percobaan dan penemuan-penemuan  baru selama sekitar 50 tahun di Inggris mengakibatkan fungsi tenaga manusia untuk menggerakkan alat-alat produksi dengan diganti mesin-mesin dari besi dan baja yang digerakkan oleh tenaga uap air (mesin uap). Munculnya mesin-mesin penggerak itu menimbulkan perubahan dalam kualitas dan kuantitas produk, tata kerja industri, dan pemasarannya. Perubahan itu berpengaruh besar terhadap kehidupan ekonomi, sosial, dan politik.

Revolusi Industri yang ditandai dengan penemuan-penemuan baru dalam bidang teknik dan industry telah terjadi dalam tiga tahap, sebagai berikut.
  1. Revolusi Industri I : Revolusi Industri I mempergunakan teknik kuno (paleoteknic) dengan mesin uap dan kayu bara sebagai bahan bakarnya. Revolusi ini terjadi di Inggris pada abad ke -18.
  2. Revolusi Industri II : Revolusi Industri II menggunakan teknik baru (neotehnic) berupa mesin motor dengan listrik atau bensin sebagai bahan bakarnya. Revolusi ini terutama terjadi di Amerika Serikat dan Jerman pada abad ke-19.
  3. Revolusi Industri III : Revolusi Industri III menggunakan teknik kimia-hayati (biotehnic) dengan atom atau nuklir sebagai bahan bakarnya. Revolusi ini utamanya terjadi di Amerika dan Uni Soviet pada abad ke-20.
Revolusi Industri adalah sebuah ungkapan yang digunakan untuk menamai perubahan dan perkembangan pesat yang awalnya terjadi di Inggris setelah ditemukannya mesin uap. Revolusi ini mengubah cara hidup banyak orang, terutama yang tinggal di perkotaan dan wilayah-wilayah industri. Kemajuan teknologi mengakibatkan tenaga untuk menggerakkan mesin yang semula masih menggunakan tangan menjadi penggunaan mesin yang digerakkanoleh tenaga uap.

Revolusi Industri adalah perubahan besar, secara cepat, dan radikal yang mempengaruhi kehidupan corak manusia sering disebut revolusi. Istilah revolusi biasanya digunakan dalam melihat perubahan politik atau sistem pemerintahan. Namun, Revolusi Industri di Inggris pada hakikatnya adalah perubahan dalam cara pembuatan barang-barang yang semula dikerjakan dengan tangan (tenaga manusia) kemudian digantikan dengan tenaga mesin. Dengan demikian, barang-barang dapat dihasilkan dalam jumlah banyak dengan waktu yang relatif singkat. 

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 14.39

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Revolusi Industri yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top