Pernapasan Perut

Pernapasan Perut - Mekanisme proses inspirasi pernapasan perut diawali dengan berkontraksinya otot diafragma, sehingga diafragma yang semula melengkung berubah menjadi datar.

Pernapasan Perut

Pernapasan Perut

Diafragma merupakan sekat yang tersusun oleh jaringan ikat dan otot membagi rongga badan menjadi dua bagian, yaitu rongga perut dan rongga dada. Keadaan Diafragma yang datar mengakibatkan rongga dada dan paru-paru mengembang. Tekanan udara yang rendah dalam paru-paru menyebabkan udara dari luar masuk ke dalam paru-paru.

Proses espirasi terjadi saat otot diafragma berelaksasi, sehingga diafragma kembali melengkung. Keadaan melengkungnya diafragma mengakibatkan rongga dada dan paru-paru mengecil, tekanan udara dalam paru-paru naik, sehingga udara keluar dari paru-paru.

Mekanisme Pernapasan Perut
  1. Fase Inspirasi pernapasan Perut - Mekanisme Inspirasi pernapasan perut sebagai berikut. Sekat rongga dada (diafragma) berkontraksi -> posisi dari melengkung menjadi mendatar -> paru-paru mengambang -> tekanan udara dalam paru-paru lebih kecil dibandingkan tekanan udara luar -> udara masuk. 
  2. Fase ekspirasi pernapasan perut - Mekanismeekspirasi pernapasan perut sebagai berikut. Otot diafragma relaksasi -> posisi dari mendatar kembali melengkung -> paru-paru mengempis -> tekanan udara di paru-paru lebih besar dibandingkan tekanan udara luar -> udara keluar dari paru-paru. 
Teknik pernafasan perut adalah teknik kuno yang digunakan dan telah ada dalam peradaban kuno (ancient) Cina (Tai Chi), India (Yoga), Jepang (Reiki) dan Yunani. Teknik kuno yang sesuai bahkan membantu ilmuwan biologi dan medis dalam mempelajari sistem respirasi. Kalau kita memperhatikan bayi dan anak-anak yang sedang tidur, jelas terlihat perut mereka terlihat kembang kempis yang menunjukkan bahwa teknik pernafasan mereka adalah pernafasan perut. Dari sini kita bisa mengetahui bahwa teknik ini adalah teknik alamiah yang diajarkan oleh “alam” semenjak kita dilahirkan.

Secara biologis manusia adalah mahluk hidup aerob, yaitu mahluk yang membutuhkan oksigen untuk sistem metabolismenya. Proses pengambilan oksigen dan pembuangan limbah gas hasil metabolisme berupa karbon dioksida terjadi melalui sistem pernafasan (respirasi), sistem yang berlangsung di luar kendali pikiran sadar (involuntee).
 
Pernapasan perut berarti bernapas sepenuhnya dari perut atau dari bagian bawah paru-paru Anda. Ini adalah persis kebalikan dari cara Anda bernapas ketika Anda sedang cemas atau tegang yang dilakukan dengan cepat dan dangkat oleh pernapasan dada. Jika Anda bernapas dari perut Anda, Anda dapat menempatkan tangan Anda di perut Anda dan melihat itu benar-benar meningkat setiap kali Anda menarik napas. Anda akan menemukan bahwa pernapasan perut akan membantu Anda bersantai setiap saat ketika Anda merasa cemas.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 13.46

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pernapasan Perut yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top