Tulang Rusuk

Tulang Rusuk - Tulang rusuk terdiri atas 12 pasang. Tulang rusuk digolongkan menjadi 3 kelompok, yaitu tulang rusuk sejati, tulang rusuk palsu, dan tulang rusuk melayang. Tulang rusuk sejati berjumlah 7 pasang. Ujung depan tulang rusuk sejati melekat pada tulang dada, sedangkan pada ujung belakang melekat pada segmen tulang punggung. Tulang rusuk palsu berjumlah 3 pasang. Ujung depan tulang rusuk palsu melekat pada tulang rusuk di atasnya, sedangkan ujung belakang melekat pada segmen tulang belakang. Tulang rusuk melayang berjumlah 2 pasang. Ujung depan tulang rusuk melayang tidak melekat pada tulang manapun, sedangkan ujung belakang melekat pada segmen tulang belakang.

Tulang Rusuk

Tulang Rusuk

Dalam anatomi, tulang rusuk atau iga (Latin: costae adalah tulang panjang yang melengkung dan membentuk rongga rusuk.) Tulang rusuk melindungi dada (Latin: thorax), paru-paru, jantung, hati, dan organ dalam lainnya di rongga dada.

Pada mamalia, tulang rusuk terdapat hanya di bagian dada. Namun pada reptil, tulang rusuk kadang-kadang terdapat dari bagian leher hingga sacrum. Terdapat beberapa jenis ikan yang dapat memiliki hingga 4 rusuk pada setiap tulang punggung. Manusia (baik pria dan wanita) memiliki 24 tulang rusuk (12 pasang). Hal ini pertama kali dikemukakan oleh Vesalius pada 1543 untuk menyelesaikan kontroversi yang terjadi pada saat itu.

Tujuh tulang pertama (1-7) disebut tulang rusuk sejati atau tulang rusuk vertebro-sternalis. Mereka terhubung di belakang dengan kolom tulang belakang, dan di depan dengan sternum (tulang dada), melalui kartilago kosta. Tiga tulang rusuk berikutnya (8-10) disebut tulang rusuk palsu atau tulang rusuk vertebro-kondral. Tulang-tulang rusuk ini memiliki kartilago kosta yang melekat pada tulang rawan dari tulang rusuk sejati di atasnya. Dua tulang rusuk yang terakhir (11-12) hanya melekat pada tulang punggung sehingga disebut tulang rusuk mengambang atau tulang rusuk vertebral.

Tulang rusuk memiliki tiga fungsi penting: dukungan, respirasi dan perlindungan. Ada total 24 tulang rusuk, yang semuanya melekat pada tulang dada. Tujuh bagian atas disebut sebagai tulang rusuk sejati, sedangkan lima bagian bawah disebut rusuk palsu.Tulang rusuk melindungi jantung, hati, ginjal dan paru-paru dari cedera eksternal. Tulang rusuk juga membantu pernapasan ketika otot-otot interkostal mengangkat dan menurunkan tulang rusuk, memfasilitasi dan menghembuskan napas. Tulang rusuk menyediakan kerangka kerja di mana otot-otot dada, punggung, perut dan korset bahu atas dapat menempel. Diafragma juga melekat pada batas bawah tulang rusuk.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 14.49

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Tulang Rusuk yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top