Invertebrata



Invertebrata - Hewan adalah organisme yang (1) tidak mempunyai klorofil, (2) mampu bergerak atau setidak-tidaknya menggerakkan tubuh dengan cara mengerutkan serabut-serabut, dan (3) multiselular. Beberapa organisme tidak memenuhi kriteria tetapi memperlihatkan persamaan dengan sifat tersebut, sehingga kita dapat mengenalnya sebagai hewan.

Pengertian Invertebrata

Pengertian Invertebrata

Kumpulan Hewan Invertebrata


Teori mengenai asal-usul hewan telah di kemukakan, teori-teori tersebut di golongkan dalam dua kategori yang berbeda. Pertama, ada yang percaya bahwa sifat multiselular dari hewan itu timbul sebagai akibat pembentukan koloni sel. Dengan perkembangan sel-sel di dalam koloni, timbul saling berkaitan dari berbagai bagian, Dan batas antara suatu koloni dengan suatu individu multi selular telah di lampaui.pada spons, adanya sel-sel leher yang sangat menyerupai flagelata uniselular tertentu. Penjelasan kedua mengenai asal-usul hewan adalah bahwa mereka timbul dari selularisasi dari protozoa yang bersilia. Sejumlah siliata itu sangat besar (untuk hewan bersel satu) dan mempunyai anatomi yang sangat rumit. Bentuk-bentuk ini seringkali mempunyai sejumlah besar nukleus yang terbesar di dalam sitoplasma. Dengan mengembangkan suatu sistem internal membran untuk membagi-bagi nukleus ini menjadi sel-sel yang terpisah akan mengubah bentuk ini menjadi hewan-hewan sejati.

Sekitar 99 persen dari organisme yang dikenal adalah invertebrata. Didalam planet ini diperkirakan 15-30000000 spesies sekitar 90% dari binatang adalah invertebrata. Invertebrata datang dalam berbagai bentuk dan ukuran dan memberikan layanan yang sangat penting untuk kelangsungan hidup kita. Invertebrata yang paling umum termasuk spons, Annelida, echinodermata, moluska dan arthropoda. Arthropoda meliputi serangga, krustasea dan arakhnida.

Hewan mempunyai daya gerak, cepat tanggap terhadap rangsangan eksternal, tumbuh mencapai besar tertentu, memerlukan makanan bentuk kompleks dan jaringan tubuhnya lunak. Perbedaan itu berlaku secara umum, tentu saja ada kelainan-kelainannya. Tiap individu, baik pada hewan uniselular maupun pada hewan multiselular, merupakan satu unit. Hewan itu berorganisasi, berarti tiap bagian dari tubuhnya merupakan subordinat dari individu sebagai keseluruhan baik sebagai bagian suatu sel maupun seluruh sel. Inilah yang disebut konsep organismal, suatu konsep yang penting dalam biologi. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.57

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Invertebrata yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top