Pengertian Inti Matahari

Pengertian Inti Matahari - Inti matahari adalah yang berdiameter sekitar 14 x 5 pangkat 10 km atau 109 kali diameter bumi. Inti inilah yang merupakan pusat sumber tenaga. Disinilah transformasi (pengubahan) hydrogen menjadi helium menghasilkan energy matahari dari reaksi inti (nuklir). Proses pengubahan dalam reaksi inti disebut reaksi rantai proton-proton (rantai PP).

Pengertian Inti Matahari

Pengertian Inti Matahari
Energi yang diciptakan pada bagian dalam matahari kemudian di jalarkan ke permukaan bumi dan diradiasikan ke dalam ruang angkasa. Sekitar 99% radiasi elektromagnetik yang diemisikan oleh matahari terletak pada daerah 0,15 dan 4,0 um. Distribusi spectral energi ini adalah 9% ultraviolet, 45% radiasi tampak dan 46 % inframerah, energy ini dijalarkan ke permukaan bumi dalam bentuk radiasi elektromagnetik. Peristiwa ini akan berhenti jika hidrogen dalam reaksi inti nuklir menjadi habis. Diperkirakan radiasi matahari dapat berlangsung sampai sekitar 10 milyar tahun, dan setiap menitnya matahari meradiasikan energy sebesar 56 x 10 pangkat 26 kalori.

Inti matahari adalah bagian matahari yang mempunya suhu sekitar 15 juta derajat celsius. Suhu dan tekanan yang sangat tinggi ini memungkinkan terjadinya pemecahan atom-atom menjadi elektron, proton, dan neutron. Neutron yang tidak bermuatan akan meninggalkan inti ke arah luar matahari. Rekasi fusi (pergerakan elektron) dan proton sangat cepat dan bertabrakan satu dengan yang lain) berlangsung di bagian ini dan hasilnya dipancarkan ke luar secara radiasi.
  • Zona radiatif adalah lapisan yang menyelubungi bagian inti. Lapisan ini mempunyai suhu dari dalam ke luar adalah sekitar tujuh juta sampai dua juta derajat celsius.
  • Zona konvektif adalah lapisan yang suhunya sudah menurun. Suhu lapisan ini sekitar dua juta derajat celcius. Setelah keluar dari zona radiatif, atom-atom bagian inti ini akan bergerak menuju lapisan yang lebih luar dengan suhu yang lebih rendah. 
Energi hasil reaksi nuklir di inti matahari ini menghasilkan sinar gamma dan neutrino yang memberi tenaga luar biasa besar dan menghasilkan energi panas dan cahaya yang dikeluarkan melalui radiasi hingga akhirnya dapat diterima oleh bumi. Zona inti matahari memiliki kepadatan kurang lebih150g/cm3. Suhu dan tekanan di dalam inti matahari  masuk kategori sangat tinggi, yaitu 15juta derajat celcius. Total besar inti matahari adalah seperempat jarak dari pusat ke permukaan atau sekitar 1/64 total volume matahari. Inti matahari adalah tempat berlangsungnya reaksi fusi nuklir helium menjadi hidrogen. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 01.44

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Inti Matahari yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top