Rabu, 22 Juli 2015

Pengertian Syair

| Rabu, 22 Juli 2015
Pengertian Syair - Syair adalah salah satu jenis puisi lama.Ia berasal dari Persia (sekarang Iran) dan telah dibawa masuk ke Nusantara bersama-sama dengan kedatangan Islam. Syair dalam kesustraan Melayu merujuk pada pengertian puisi secara umum.

Syair Cinta

Syair Romantis

Syair Kerinduan

Akan tetapi, perkembangan syair tersebut mengalami perubahan modifikasi sehingga syairdidesain sesuai dengan keadaan dan sesuai yang terjadi. Semua baris itu mempunyai iramasama (a aa a), tiap baris terdiri dari 8-12 suku kata. Semua baris merupakan isi dan tidak ada sampiran. Syair biasanya berisi tentang kiasan, sindiran, nasihat, pengajaran, agama, dan juga tentang sejarah atau dongeng.

Syair Panji : Syair Panji menceritakan tentang keaadaan yang terjadi dalam istana dan keadaan orang-orang yang berasal dari isana. Contoh syair panji adalah Syair Ken Tambuhan yang menceritakan tentang seorang putri bernama Ken Tambuhan yang dijadikan persembahan kepada Sang Ratu Kauripan.

Syair Romantis : Syair Romantis berisi tentang percintaan yang biasanya terdapat pada cerita alipur laram hikayat, maupun cerita rakyat. Contoh syair romantis yakni Syair Bidasari yang menceritakan tentang seorang putri raja yang telah dibuang ibunya. Setelah beberapa lama ia dicari Putra Bangsawan (saudaranya) untuk bertemu dengan ibunya, Pertemuan pun terjadi dan akhirnya Bidasari memaafkan ibunya, yang telah membuang dirinya.
 Syair Bidadari Lahir

Dengarlah kisah suatu riwayat
Raja di desa negeri Kembayat
Dikarang fakir dijadikan hikayat
Dibuatkan syair serta berniat

Adalah raja sebuah negeri
Sultan Agus bijak bestari
Asalnya baginda raja yang bahari
Melimpahkan pada dagang biaperi

Kabarnya orang empunya termasa
Baginda itulah raja perkasa
Tiadalah ia merasa susah
Entahlah kepada esok dan lusa.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar