Sabtu, 08 Agustus 2015

Pengertian Hiposentrum

| Sabtu, 08 Agustus 2015
Pengertian Hiposentrum - Hiposentrum adalah sumber gempa (pusat gempa) dalam gempa bumi dapat berbentuk garis atau titik. Dari situlah asal mula gelombang primer (longitudinal) dengan gerakan merapat dan merenggang yang dirambatkan dengan kecepatan 7-14 km/detik, kemudian diikuti oleh gelombang sekunder (transversal), yaitu gerakan naik dan turun yang dirambatkan dengan kecepatan 4 - 7 km/detik.

Hiposentrum Gempa

Untuk menentukan hiposentrum dengan menggunakan konsep lingkaran kita dapat menggunakan selisih waktu  tiba gelombang P (primer) dan gelombang S (sekunder) yang terekam pada 3 stasiun gempa. Konsep  ini merupakan cara yang paling sederhana untuk menentukan hiposentrum dan epientrum dari gempa bumi.

Langkah-langkah
  1. Cari selisi waktu tiba gelobang P dan S (waktu S – P) untuk setiap stasiun
  2. Menentukan jarak dari sebuah gempa untuk setiap stasiun  dengan menggunakan selisih waktu S-P dengan asumsi bahwa 1 menit gempa setara dengan 600 km
  3. Menentukan lokasi gempa dengan menggunakan konsep lingkaran.
       Gambarkan 3 lingkaran dengan jari-jari lingkaran yang diambil adalah jarak gempa ke stasiun seismograf  yang bersangkutan.  Titik dimana ketiga lingkaran bertemu adalah perkiraan lokasi terjadinya gempa. 

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar