Pengertian Hiposentrum

Pengertian Hiposentrum - Hiposentrum adalah sumber gempa (pusat gempa) dalam gempa bumi dapat berbentuk garis atau titik. Dari situlah asal mula gelombang primer (longitudinal) dengan gerakan merapat dan merenggang yang dirambatkan dengan kecepatan 7-14 km/detik, kemudian diikuti oleh gelombang sekunder (transversal), yaitu gerakan naik dan turun yang dirambatkan dengan kecepatan 4 - 7 km/detik.

Hiposentrum Gempa

Untuk menentukan hiposentrum dengan menggunakan konsep lingkaran kita dapat menggunakan selisih waktu  tiba gelombang P (primer) dan gelombang S (sekunder) yang terekam pada 3 stasiun gempa. Konsep  ini merupakan cara yang paling sederhana untuk menentukan hiposentrum dan epientrum dari gempa bumi.

Langkah-langkah
  1. Cari selisi waktu tiba gelobang P dan S (waktu S – P) untuk setiap stasiun
  2. Menentukan jarak dari sebuah gempa untuk setiap stasiun  dengan menggunakan selisih waktu S-P dengan asumsi bahwa 1 menit gempa setara dengan 600 km
  3. Menentukan lokasi gempa dengan menggunakan konsep lingkaran.
       Gambarkan 3 lingkaran dengan jari-jari lingkaran yang diambil adalah jarak gempa ke stasiun seismograf  yang bersangkutan.  Titik dimana ketiga lingkaran bertemu adalah perkiraan lokasi terjadinya gempa. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 17.21

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Hiposentrum yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top