Pengertian Pendidikan Islam

Pengertian Pendidikan Islam - Membahas tentang pendidikan Islam perlu dikemukakan beberapa definisi yang berhubungan dengan pendidikan itu sendiri. Jika kata pendidikan ditinjau dari segi bahasa dapat diartikan sebagai perbuatan mendidik, berarti pengetahuan tentang mendidik, memelihara jasmani dan rohani. 
Pendidikan Islam

Pendidikan Islam

Bila di tinjau dari bahasa arab, para pemikir pembaharuan pendidikan Islam dewasa ini lebih cenderung untuk menggunakan istilah At-Tarbiyah, sebagai istilah yang lebih cocok dan tepat untuk menggambarkan konsep pendidikan Islam yang relevan dengan tuntutan dan tantangan zaman modern. Pemahaman ini sangat terkait dengan gerakan pembaharuan pendidikan di negara Arab pada abad ke duapuluh, bahwa istilah al-tarbiyah tidak pernah ditemukan penggunaannya dalam literatur Arab tradisional sebelumnya yang ada hanya istilah al-ta'lim, al-ta'dib dan al-tahzib namun tidak berarti bahwa penggunaan istilah al-tarbiyah itu tidak tepat, bila dilihat dari asal katanya

Abd al-Rahman al-Nahlawi, lebih \cenderung menggunakan term al-tarbiyah untuk menunjuk kepada arti pendidikan dari pada term-term lain seperti al-ta'lim dan al-ta'dib, dengan alasan bahwa term al-tarbiyah mempunyai dasar yang kuat.

Dari berbagai literatur terdapat berbagi macam pengertian pendidikan Islam. Menurut Athiyah Al-Abrasy, pendidikan Islam adalah mempersiapkan manusia supaya hidup dengan sempurna dan bahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya, sempurna budi pekertinya, pola pikirnya teratur dengan rapi, perasaannya halus, profesiaonal dalam bekerja dan manis tutur sapanya.

Sedang Ahmad D. Marimba memberikan pengertian bahwa pendidikan Islam adalah bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum islam menuju kepada terbentuknya kepribadian utama menurut ukuran-ukuran Islam.

Sedangkan menurut Syed Muhammad Naquib Al-Attas, pendidikan adalah suatu proses penamaan sesuatu ke dalam diri manusia mengacu kepada metode dan sistem penamaan secara bertahap, dan kepada manusia penerima proses dan kandungan pendidikan tersebut.

Dari definisi dan pengertian itu ada tiga unsur yang membentuk pendidikan yaitu adanya proses, kandungan, dan penerima. Kemudian disimpulkan lebih lanjut yaitu ” sesuatu yang secara bertahap ditanamkan ke dalam diri manusia”.

Jadi definisi pendidikan Islam adalah, pengenalan dan pengakuan yang secara berangsur-angsur ditanamkan ke dalam diri manusia, tentang tempattempat yang tepat dari segala sesuatu di dalam tatanan penciptaan, sehingga membimbing ke arah pengenalan dan pengakuan tempat Tuhan yang tepat.

Pendidikan dalam pandangan yang sebenarnya adalah suatu sistem pendidikan yang memungkinkan seseorang dapat mengarahkan kehidupannya sesuai dengan cita-cita islam, sehingga dengan mudah ia dapat membentuk hidupnya sesuai dengan ajaran islam.

Pengertian itu mengacu pada perkembangan kehidupan manusia masa depan tanpa menghilangkan prinsip-prinsip islami yang diamanahkan oleh Allah kepada manusia, sehingga manusia mampu memenuhi kebutuhan dan tuntutan hidupnya seiring dengan perkembangan iptek.

Dr. Muhammad Fadhil Al-Jamali memberikan pengertian pendidikan islam sebagai upaya mengembangkan, mendorong, serta mengajak manusia untk lebih maju dengan berlandaskan nilai-nilai yang tinggi dan kehidupan yang mulia, sehingga terbentuk pribadi yang lebih sempurna, baik yang berkaitan dengan akal, perasaan, maupun perbuatan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 17.46

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pendidikan Islam yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top