Fenomena Segitiga Terbalik Dalam Hidup Sehat

Fenomena Segitiga Terbalik Dalam Hidup Sehat - Dalam suatu ceramah, seorang ibu bertanya kepada saya." Pak Dokter, keponakan saya masih muda, makan seperti biasa maksudnya pola makan konvensional badanya gemuk, jarang berolahraga, kuat merokok, dan doyan minum kopi. Tapi, dia sehat-sehat saja?"

Segitiga Terbalik Dalam Hidup Sehat
Keponakan ibu memang sekarang sehat-sehat saja. Tetapi dalam beberapa tahun ke depan, jika dia tidak mengubah gaya hidupnya, maka dia akan mudah terserang berbagai penyakit. Sebab, keponakan Ibu ibarat sedang menabung suatu penyakit," jawab saya.

Pada kasus tersebut, keponakan si ibu menderita obesitas karena terjadi penumpukkan sampah dan racun akibat pola makan yang tidak sehat serta kurangnya olahraga dan aktivitas tubuh. Lalu apa kaitan antara sampah dan racun dalam tubuh, pola makan alami, serta olahraga? Apabila tubuh menerima makanan dengan pola makan yang tidak sehat maka akan menghasilkan sampah dan racun yang akan menimbulkan penyakit, apalagi jika jarang dan tidak pernah berolahraga.

Lain halnya dengan pola makan alami. Selain menghasilkan energi, juga berperan menghentikan suplai sampah beracun sehingga sampah-sampah tersebut dapat tereliminasi. Energi diperlukan untuk melakukan aktivitas tubuh. Oleh karena itu, olahraga berperan untuk memperlancar pembuangan sampah-sampah keluar dari tubuh. Jadi pola makan alami bertindak sebagai eliminator dn pemberi energi dan olahraga bertindak sebagai pembersih tubuh (cleaner).

Bagaimanakah cara olahraga bekerja sebagai pembersih tubuh? Olahraga akan memacu kerja jantung dengan optimal yang pada gilirannya akan memperlancar sirkulasi darah ke seluruh tubuh dengan mendistribusikan zat-zat gizi sebagai energi dan zat pembakar (oksigen). Akibatnya, metabolisme tubuh akan meningkat. Apabila metabolisme meningkat maka akan membakar sampah-sampah dan racun-racun dalam tubuh. Olahraga teratur dapat menurunkan kolesterol sebesar 25%, meningkatkan kolesterol HDL. (kolesterol baikZ), dan menurunkan triglesrida sampai 20 mg/dl.

Pengeluaran sampah dan racun dari tubuh dapat melalui beberapa cara, antara lain, evaporasi (keringat), ventilasi (pernapasan dengan mengeluarkan karbondioksida), urin (berkemih), dan defekasi (buang air besar). Berolahraga secara teratur dapat meningkatkan gerakan peristaltik usus yang berguna untuk merangsang defikasi.

Biasanya, setelah berolahraga rangsangan untuk berkemih akan meningkat akibat sirkulasi darah ke ginjal meningkat. Olahraga juga memiliki efek relaksasi yang berguna untuk menurunkan stress. Stres dapat berdampak buruk terhadap sel. Jika seseorang mengalami stres maka tidak ada satu pun sel yang tidak terbebas dari stres. Stres akan memberi dampak negatif terhadap kerja organ-organ tubuh sehingga penderitanya akan mudah diserang capek dan lelah. Stres dapat meyerap energi yang sangat besar dari tubuh. Oleh karena itu, hilangkanlah stres dengan berolahraga. Begitulah manfaat olahraga sebagai cleaner.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.44

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Fenomena Segitiga Terbalik Dalam Hidup Sehat yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top