Pengertian Bimetal

Pengertian Bimetal - Apakah di rumahmu memiliki setrika listrik otomatis? Sebuah setrika listrik apabila suhunya telah melebihi batas tertinggi, arus listrik terputus. Sebaliknya, apabila suhu melewati batas rendah arus listrik akan tersambung atau mengalir lagi. Dengan demikian, setrika listrik itu memiliki daerah suhu tertentu.
Setrikal otomatis menggunakan bimetal sebagai pengatur suhu.

Setrikal otomatis menggunakan bimetal sebagai pengatur suhu.
Apakah pada setrika otomatis ada alat pengatur suhunya? Tentu ada. Pada setrika listrik tersebut memiliki alat untuk mengatur suhu, yang bernama bimetal.

Bagaimana kinerja bimetal? Bimetal terdiri atas kata bi berarti dua, dan metal berarti logam. Bimetal adalah dua keping logam dengan angka muai panjangnya berbeda yang diletakkan menjadi satu. Untuk melekatkan menjadi satu, dapat ditempuh dengan cara pengelasan dan penggilingan.

Salah satu contoh bimetal adalah besi dengan kuningan. Besi mempunyai angka muai panjang lebih kecil daripada kuninagan. Apabila batang besi dan kuningan dilas menjadi satu, kemudian dipanaskan, pemuaian kedua logam tersebut tidak sama. Pemuaian kuningan lebih besar daripada besi. Oleh karena itu, batang bimetal akan melengkeng.

Sifat bimetal adalah sebagai berikut:

  1. Jika dipanaskan, bimetal akan melengkung ke arah logam koefisien muai panjang lebih kecil. Karena kedua logam didekatkan dan setelah dipanaskan keduanya tidak sama panjang, logam yang panjang akan mendesak. Dengan demikian, batang melengkung ke arah logam yang pendek, yaitu koefisien muai panjang yang kecil.
  2. Jika diinginkan, bimetal akan melengkung ke arah logam yang angka muai panjangnya lebih besar. Logam yang angka muainya lebih besar jika didinginkan akan menyusut lebih besar sehingga logam itu menjadi lebih pendek. Dengan demikian, logam itu akan menarik dan batang bimetal melengkung ke arah logam yang angka muainya panjang nya lebih besar. 
Demikian juga bimetal yang berada pada setrika listrik. Jika suhu tinggi, bimetal melengkung ke arah logam yang angka, muainya lebih kecil dan kontak terputus. Sebaliknya, apabila suhu turun, bimetal kembali pada keadaan atau kedudukan semula. Oleh karena itu, kontak tersambung lagi. Setrikal otomatis menggunakan bimetal sebagai pengatur suhu.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 20.44

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Bimetal yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top