Pengertian Karbohidrat


Pengertian Karbohidrat - Karbohidrat adalah bahan makanan yang sumber utamanya berasal dari tumbuhan. Bahan makanan yang benyak mengandung zat tepung, antara lain beras, jagung, terigu, sagu, kedelai, kacang, ketela pohon, ketela rambat, dan berbagai jenis umbi-umbian. Bahan-bahan tersebut merupakan sumber utama karbohidrat makanan manusia di dunia.
Makanan mengandung Karbohidrat

Makanan Mengandung Karbohidrat
Di antara jenis bahan makanan tersebut banyak yang disimpan masyarakat dalam bentuk biji kering da nada pula yang disimpan dalam bentuk bentuk tepung. Dapatkah semua bahan makanan tersebut disimpan dalam bentuk tepung? Bagaimana cara membuat tepung? Di samping dihasilkan biji-bijian dan umbi-umbian, karbohidrat juga dihasilkan oleh buah-buahan, seperti pisang, manga, dan pepay. Bagaimanakah cara mengetahui bahwa suatu bahan makanan mengandung karbohidrat khususnya amilum?

Dalam rangka mulut, karbohidrat seperti amilum yang dubah menjadi zat gula yang lebi sederhana dengan bantuan enzim ptyalin. Zat-zat itu belum dapat diserap oleh saluran pencernaan. Oleh karena itu perlu dicerna lebih lanjut di dalam usus.

Di dalam usus dua belas jari, karbohidrat diubah menjadi glukosa oleh enzim amilase yang dihasilkan oleh kelenjar pancreas. Selanjutnya, glukosa diserap oleh pembuluh darah melalui jonjot usus halus, kemudian diangkut ke hati. Bentuknya diubah sesuai keperluan tubuh. Sebagian lagi terus ikut aliran darah untuk diedarka keseluruh jaringan tubuh. Sebagian lagi terus ikut aliran darah untuk diedarkan ke seluruh jaringan tubuh. Di dalam jaringan tubuh, glukosa dioksidasi untuk menghasilkan energy. Setiap gram glukosa yang dioksidasi menghasilkan energy sebesar 4 kalori. Apabila kita terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, sedangkan kebutuhan energi telah terkucukupi dan glukosa masih tersisa, kelebihan glukosa itu akan diubah menjadi glikogen untuk disimpan dalam jaringan otot dan hati. Oleh karena itu, glukosa sering disebut gula otot. Gula otot merupakan cadangan makanan dalam tubuh.

Reaksi oksidasi glukosa dalam tubuh manusia dapat diikhtisarkan sebagai berikut.
Glukosa + Oksigen – Karbon dioksida + Uap air + Energi
C6H12O6 + 6o2 – 6CO2 + 6H2O + Energi

Fungsi karbohidrat, antara lain sebagai sumber energy, bahan pembentuk lemak, dan bahan pembentuk protein. Jenis karbohidrat yang sangat penting bagi tubuh kita adalah glukosa atau sering disebut gula darah. Bagaimana mengetahui adanya suatu glukosa di dalam suatu bahan makanan?

Untuk menguji keberadaan glukosa dalam suatu larutan, biasa digunakan zat penunjuk, yaitu larutan Benedict, atau larutan Fehling A dan Fehling B. Bahan yang mengandung glukosa bila diuji dengan zat  penguji Benedict akan menimbulkan warna merah bata.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.25

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Karbohidrat yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top