Pengertian Letak Astronomis

Pengertian Letak Astronomis - Letak astronomis merupakan letak mutlak atau absolut suatu wilayah atau wilayah atau Negara yang ditentukan berdasarkan garis lintang dan bujur. Secara astronomis, wilayah kepulauan Indonesia terletak antara 6 derajat LU – 11 derajat LS dan 95 derajat BT – 141 derajat BT. 
Pengertian Letak Astronomis Indonesia

Letak Astronomis Indonesia
Artinya, bagian paling barat wilayah Indonesia, yaitu Pulau Breueh (Aceh) terletak pada 95 derajat BT  dan bagian paling timur, yaitu perbatasan Provinsi Papua dengan Papua Nugini terletak pada garis 141 derajat BT. Bagian paling utara wilayah Indonesia, yaitu Pulau We terletak pada garis lintang 6 derajat LU, sedangkan bagian paling selatan adalah Pulau Roti yang berada pada 11 derajat LS.

Wilayah Indonesia berada di antara garis bujur 95 derajat BT – 141 derajat BT. Oleh karena itu, Negara kita terbagi atas tiga wilayah waktu, yaitu waktu Indonesia Barat (WIB), waktu Indonesia tengah (WITA, dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Patokan untuk menentukan pembagian wilayah waktu tersebut adalah meridian 0 derajat atau garis bujur 0 derajat yang melalui Kota Greenwich (Inggris). Patokan waktu yang digunakan dikenal dengan waktu Greenwich atau GMT (Greenwich Mean Time).


Perhitungan pembagian wilayah waktu berdasarkan pada keliling lingkaran bumi 360 dan rotasi bumi = 1 hari (24 jam), artinya setiap satu jam bumi bergeser sejauh 360 derajat/24 = 15 derajat. Jadi, perbedaan waktu setiap 15 adalah 1 jam.

Astronomis ditandai dari perhitungan dengan menggunakan posisi garis lintang dan garis bujur. Garis lintang merupakan garis imajiner yang membentang horisontal dengan melingkari bumi sedangkan dengan garis bujur merupakan garis imajiner yang melingkari bumi secara vertikal. Garis Lintang Lintang dan Bujur dibagi dalam dua yaitu Garis Lintang Utara dan Garis Lintang Selatan serta garis ekuator (khatulistiwa) sebagai pembatas keduanya. Sedangkan Garis Bujur Barat dan Garis Bujur Timur dibatasi oleh Greenwich Mean Time. 

Perhitungan letak astronomis suatu wilayah termasuk Indonesia memungkinkan untuk dilakukan mengingat lingkaran keliling bumi yang telah dibagi ke dalam garis bujur (timur-barat), seluruhnya sebesar 360 derajat dan posisi kutub utara dan kutub selatan bumi ke dalam garis lintang (utara-selatan), seluruhnya sebesar 180 derajat. Karena ini pula, letak astronomis ini disebut pula Letak Matematis. Topik inilah yang akan kita bahas pada kesempatan ini, yakni letak astronomis (mutlat/absolut/matematis) dari Indonesia, selamat membaca.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 23.59

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Letak Astronomis yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top