Pengertian Metabolisme


Pengertian Metabolisme - Apakah metabolisme itu? Metabolisme merupakan keseluruhan reaksi kimia yang berlangsunng di dalam mahluk hidup. Proses metabolisme memerlukan bahan dasar yang disebut substrat. Substrat tersebut berupa nutrisi atau zat makanan Selain memerlukan substrat, proses metabolisme memerlukan oksigen. Oksigen yang diperlukan diperoleh dengan cara bernapas.
Metabolisme
Pada reaksi metabolism, makanan yang kita cerna akan dipecah-pecah menjadi berbagai macam senyawa kimia dan energy. Senyawa kimia hasil pemecahan zat makanan akan digunakan untuk menyusun sel-sel baru yang rusak atau antibody untuk pertahanan tubuh, sedangkan energy hasil metabolism akan digunakan untuk pergerakan otot, misalnya otot kaki atau otot jantung.

Selain menghasilkan produk, reaksi metabolisme juga menghasilkan zat sisa. Zat sisa tersebut harus dikeluarkan dari tubuh. Mengapa demikian? Zat sisa jika dikeluarkan akan meracuni tubuh dan mengganggu proses kehidupan. Proses pengeluaran zat sisa disebut dengan ekskresi. Ekskresi pada manusia dilakukan dengan mengeluarkan keringat, urine, uap air, dan karbondioksida.

Metabolisme adalah suatu proses kimiawi yang terjadi di dalam tubuh semua makhluk hidup, proses ini merupakan pertukaran zat ataupun suatu organism dengan lingkungannya. Metabolisme berasal dari bahasa Yunani, yaitu “metabole” yang berarti perubahan, dapat kita katakana bahwa makhluk hidup mendapat, mengolah dan mengubah suatu zat melalui proses kimiawi untuk mempertahankan hidupnya.

Secara umum, metabolisme memiliki dua arah lintasan reaksi kimia organik,
  • katabolisme, yaitu reaksi yang mengurai molekul senyawa organik untuk mendapatkan energi
  • anabolisme, yaitu reaksi yang merangkai senyawa organik dari molekul-molekul tertentu, untuk diserap oleh sel tubuh.


Kedua arah lintasan metabolisme diperlukan setiap organisme untuk dapat bertahan hidup. Arah lintasan metabolisme ditentukan oleh suatu senyawa yang disebut sebagai hormon, dan dipercepat (dikatalisis) oleh enzim. Pada senyawa organik, penentu arah reaksi kimia disebut promoter dan penentu percepatan reaksi kimia disebut katalis.

Pada setiap arah metabolisme, reaksi kimiawi melibatkan sejumlah substrat yang bereaksi dengan dikatalisis enzim pada jenjang-jenjang reaksi guna menghasilkan senyawa intermediat, yang merupakan substrat pada jenjang reaksi berikutnya. Keseluruhan pereaksi kimia yang terlibat pada suatu jenjang reaksi disebut metabolom. Semua ini dipelajari pada suatu cabang ilmu biologi yang disebut metabolomika.

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 22.04

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Metabolisme yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top