Pengertian Penawaran (Supply)

Pengertian Penawaran (Supply) - Pernahkah kamu memerhatikan barang-barang dan jasa-jasa apa saja yang kamu gunakan selama kamu mengikuti pelajaran disekolahmu? Baiklah mari kita rinci bersama-sama. Tentu kamu memiliki barang-barang berupa pakaian seragam , sepatu dan kaus kaki, tas sekolah lengkap dengan alat-alat tulis, dan buku pelajaran. Bagaimana dengan jasa? Benar, kamu menerima jasa dari guru yang memberikan pelajaran dan pengetahuan kepada kamu.
Penawaran Barang

Penawaran
Sekarang, coba kamu pikirkan, siapakah yang membuat barang maupun jasa yang kita gunakan saat itu? Semua kebutuhan kita disebabkan oleh perusahaan-perusahaan yang menghasilkan berbagai barang maupun jasa yang kita butuhkan. Perusahaan-perusahaan itu kita disebut juga dengan produsen.

Jadi kebutuhankita akan sepatu dipenuhi oleh hassil produksi perusahaan sepatu. Kebutuhan kita akan tas akan dipenuhi oleh produk perusahaan tas. Lalu, bagaimana dengan kebutuhan kita akan jasa? Sama seperti kebutuhan barang, kebutuhan kita akan jasa juga disediakan oleh perusahaan penjual jasa. Jika kita sakit maka kita pergi ke rumah sakit. Jika kita ingin memangkas rambut maka kita pergi ke tukang pangkas rambut. Tukang pangkas rambut memberikan jasa untuk memotong rambut. Jika jarak dari rumah ke sekolah cukup jauh sehingga kita butuh jasa angkutan maka ada perusahaan jasa angkutan jasa angkutan umumyang menyediakannya.

Sepatu, tas, jasa rumah sakit, dan jasa transportasi merupakan contoh penawaran barang dan jasa oleh produsen kepada konsumen. Namun, besarnya jumlah penawaran barang dan jasa tergantung pada tingkat harga tertentu. Jadi, Penawaran (supply) adalah konsep yang menjelaskan berapa banyak barang atau jasayang bersedia ditawarkan pada tingkat harga tertentu.


Pak Wahyu, seorang penjual ayam, misalnya ingin menjual telur ayamnya. Jika harga telur ayam Rp 800 per butir maka Pak Wahyu bersedia menjual 2 lusin telur ayam. Hal itu artinya, penawaran telur ayam Pak Wahyu ialah 2 lusin telur ayam pada tingkat harga Rp 800. Jika harga ayam Rp 1.000 per ekornya maka Pak Wahyu hanya akan menjual 1 lusin telur ayam. Hal itu artinya, penawaran telur ayam Pak Wahyu adalah 1 lusin telur ayam pada tingkat harga Rp 1.000
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 05.04

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Penawaran (Supply) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top