Pengertian Permintaan (Demand)

Pengertian Permintaan (Demand) - Tentu sebagai pelajar, kamu membutuhkan buku tulis, bukan? Nah, pernah kamu menghitung buku buku tulis yang kamu butuhkan setiap tahun ajaran baru? Apakah jumlahnya sama dengan tahun lalu, saat kamu duduk di kelas VII SMP? Apakah jumlah buku tulis yang kamu butuhkan ketika di SD sama dengan kebutuhan di SMP? Tentu saja tidak sama. Lantas menurutmu apa saja faktor-faktor yang menyababkan kebutuhan buku tulis untuk setiap tingkatan sekolah berbeda?
Permintaan Barang

Permintaan Barang
Dari gambaran tersebut, kita dapat menyatakan bahwa permintaan (demand) adalah konsep yang menjelaskan banyaknya jumlah barang dan jasa yang diinginkan atau dibutuhkan seseorang pada harga dan waktu tertentu. Orang yang membutuhkan suatu barang sehingga menimbulkan permintaan disebut dengan pembeli atau konsumen. Sigit membutuhkan buku tulis, misalnya merupakan konsumen buku tulis.

Kebutuhan manusia tentu saja sangat banyak. Kita butuh makan, pakaian, tempat tinggal, bersekolah, berekreasi, dan lain-lain. Semua kebutuhan tersebut menciptakan permintaan akan mekenan, pakaian, tempat tinggal, dan sebagainya.

Harga suatu barang hanyalah salah satu yang menentukan dalam memengaruhi manusia memutuskan membeli sebuah barang. Permintaan seseorang terhadap barang tertentu biasanya dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu a) harga barang itu sendiri, b) harga bara=ng pengganti atau pelengkap, c) pendapatan, d) selera dan kebiasaan, e) perkiraan harga di masa mendatang, f) jumlah penduduk.

Kurva permintaan adalah kurva yang memperlihatkan hubungan antara jumlah barang yang di minta pada setiap tingkat harga tertentu. Berarti jika terjadi perubahan harga makaa jumlah yang diminta juga akan berubah. Jika harga berubah menjadi lebih mahal jumlah diminta akan semakin sedikit. Sebaliknya jika harga semakin murah maka jumlah yang diminta murah maka jumlah yang diminta akan semakin banyak.


Selain harga barang itu sendiri, permintaan suatu barang juga dapat dipengaruhi oleh harga barang lain yang berkaitan dengan barang tersebut. Barang berkaitan itu ialah harga barang subtitusi atau barang komplementer. Bagaimanakah barang komplementer mempengaruhi permintaan barang dan jasa? Menurut hukum permintaan yang baru saja kita pelajari, jika harga suatu barang naik maka peermintaannya akan turun. Berarti, jika harga gula naik maka permintaan gula juga akan menurun. Turunya permintaan gula akan mengakibatkan orang mengurangi konsumsi kopi atau the. Akibatnya, permintaan kopi dan the akan ikut turun. Inilah yang disebut barang komplementer (gula) memengaruhi permintaan terhadap barang (the dan kopi).
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 05.11

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Permintaan (Demand) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top