Pengertian Pranata Politik

Pengertian Pranata Politik - Pranata politik merupakan pranata yang tujuannya menyatukan kelompok besar manusia dalam masyarakat Negara. Untuk menjaga keutuhan (integrasi) warganya dan ,mengatur tata kehidupan bernegara diperlukan suatu pranata. Misalnya, undang-undang kehakiman, dan kepolisian.
Pranata Politik

Pranata Politik
Untuk memahami pranata politik, kamu perlu mengetahui dulu apa yang dimaksud dengan politik. Politik mengacu pada proses social, di mana di dalamnya kekuasaan didistribusikan di antara kelompok-kelompok, organisasi-organisasi, komunitas-komunitas, dan masyarakat secara khusus difokuskan pada pranata politik. Pranata politik ini merupakan ide-ide kebudayaan dan struktur social yang tetap, di mana melalui hal-hal tersebut kekuasaan didistribusikan dan dijalankan dalam masyarakat.

Apa yang dimaksud dengan kekuasaan? Kekuasaan menurut Allan G. Johnson merupakan kemampuan seseorang untuk memaksakaan keinginan pada orang lain dan juga kemampuannya dalam menentukan sumber penghasilan apa yang akan digunakan oleh masyarakat. Orang yang memiliki kekuasaan juga dapat mengontrol seseorang secara langsung.

Weber mendefinisikan bahwa bentuk kekuasaan yang terpenting adalah wewenang. Ia pun membagi wewenang dalam tiga tipe. Tipe pertama, yaitu wewenang legal-rasional yang merupakan kekuasaan yang dididasarkan pada penetapan peraturan yang mengatur interaksi social. Tipe kedua adalah wewenang karismatik, yaitu kekuasaan yang berdasar pada keyakinan masyarakat akan kemampuan khusus atau karakteristik yang dimiliki individu tertentu. Tipe ketiga, yaitu wewenang tradisional. Wewenang ini bersandar pada keyakinan bahwa seseorang dengan status tertentu secara sah dianggap kuat karena memang seperti itulah adanya. Misalnya, wewenang dari seorang raja, ratu, atau kaisar.


Pranata politik merupakan system norma yang mengatur hubungan antara kekuasaan dan warga masyarakat sehingga keteraturan dan ketertiban social tetap terpelihara dalam masyarakat. Dengan demikian, pranata politik berhubungan dengan usaha mengatur dan mengelola perimbangan kekuasaan dalam masyarakat. Lalu, apakah fungsi pranata politik? Pranata politik berfungsi dalam memelihara ketertiban di dalam masyarakat dengan wewenang yang dimilikinya, baik dengan cara persuasive maupun dalam paksaan fisik. Pranata politik juga berfungsi untuk menyelesaikan konflik yang terjadi diantara anggota masyarakat secara adil. Selain itu, pranata politik juga berfungsi dalam merencanakan dan melaksanakan pelayanan-pelayanan social serta mengusahakan kebutuhan pokok masyarakat. Yang terakhir pranata politik berfungsi untuk mengatur proses persaingan dalam memperoleh kekuasaan dalam suatu masyarakat.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 12.18

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pranata Politik yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top