Pengertian Rantai Makanan

Pengertian Rantai Makanan - Rantai makanan dapat didefinisikan sebagai peristiwa memakan dan dimakan dengan urutan arah tertentu. Biasanya setiap rantai makanan diawali dari penyedia makanan di dalam suatu ekosisitem, yaitu produsen. Apabila produsen dimakan herbivora, terjadilah perpindahan zat dan energi dari produsen ke herbivora. Karena herbivora mengambil zat langsung dari produsen, herbivora disebut konsumen pertama.
Rantai Makanan

Rantai Makanan
Herbivora merupakan sumber makanan karnivora. Apabila herbivora dimakan karnivora maka terjadilah perpindahan zat makanan dan energi dari herbivora ke karnivora. Karna karnivora mendapatkan makanan dari herbivora (konsumen pertama) maka disebut konsumen kedua. Apabila konsumen kedua dimakan oleh karnivora yang lebih besar lagi maka karnivora pemakaman konsumen kedua tersebut disebut konsumen ketiga.

Di dalam ekosistem air pun terdapat rantai makanan. Yang berfungsi sebagai produsen, yaitu plankton, khususnya fitoplankton. Fitoplankton merupakan sumber makanan bagi herbivora air, misalnya jentik-jentik nyamuk. Hewan pemakan fitoplankton merupakan konsumen pertama. Apabila konsumen tingkat pertama dimakan ikan, ikan akan menempati konsumen kedua, demikian seterusnya sehingga rantai makanan pada ekosistem air terdiri atas beberapa konsumen.

Rantai makanan adalah perpindahan energi makanan dari sumber daya tumbuhan melalui seri organisme atau melalui jenjang makan. Rantai makanan merupakan bagian dari jaring-jaring makanan, di mana rantai makanan bergerak secara linear dari produsen ke konsumen teratas. Panjang rantai makanan ditentukan dari seberapa banyak titik yang menghubungkan antar tingkatan trofik. Pada setiap tahap pemindahan energi, 80%–90% energi potensial kimia hilang sebagai panas, karena itu langkah-langkah dalam rantai makanan umumnya terbatas 4-5 langkah saja. Dengan perkataan lain, semakin pendek rantai makanan semakin besar pula energi yang tersedia.

Rantai makanan adalah perpindahan energi dari organisme pada suatu tingkat tropik ke tingkat tropik berikutnya dalam peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu. Rantai makanan secara konseptual terstruktur dalam tingkatan tropik. Sebuah tingkatan tropik mencakup semua organisme atau spesies dengan posisi yang sama dalam rantai makanan. Tingkatan tropik terendah adalah produsen yang tidak memakan organisme lain, tetapi dia bisa berfungsi sendiri sebagai makanan, misalkan tanaman hijau. Semua organisme yang bukan produsen dapat diringkas sebagai konsumen yang membutuhkan organisme lain untuk makan. 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 17.54

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Rantai Makanan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top