Pengertian Otot Lurik

Pengertian Otot Lurik - Otot lurik merupakan sel-sel yang berbentuk  silindris atau seperti tabung dan berinti banyak. Di bawah mikroskop tampak adanya bagian yang gelap dan terang berselang-seling sehingga memberi kesan lurik. Otot ini disebut juga otot serat lintang. Karena letaknya menempel pada rangka disebut otot rangka, sering otot ini disebut otot sadar, artinya bekerjanya menurut kemauan atau perintah otak.
Otot Lurik


Otot Lurik
Serabut-serabut otot itu pada hakikatnya merupakan sel-sel otot. Serabut-serabut itu berkumpul menjadi berkas-berkas otot. Beberapa berkas otot berkumpul membentuk otot atau daging. Bagian tengah dari daging itu mengembung dan kedua ujungnya keras mengecil disebut urat atau tendon. Tendon itulah yang menempel pada tulang.


Otot sadar terus-menerus berkontraksi akan menimbulkan kelelahan. Oleh karena itu, diperlukan istirahat untuk mengembalikan kesegaran. Otot-otot kita dapat dilatih, misalnya dengan berolahraga secara teratur sehingga menyebabkan otot bertambah kuat, tubuh menjadi kekar, dan otot menjadi fleksibel atau lentur.

Otot lurik juga dikatakan otot rangka dilihat dari pengertian otot lurik yakni menempel pada rangka. Otot lurik mampu bekerja keras dan kuat karna memiliki banyak inti sel tetapi otot lurik mudah lelah artinya otot lurik butuh istirahat sehabis bekerja, Asal-usul dinamakannya otot lurik adalah otot lurik menunjukkan bagian gelap (aktin) dan terang (terang) yang silih berganti jika dilihat memakai mikroskop.

Gerakan yang dihasilkan tubuh Anda merupakan hasil dari sistem kerja otot. Jika otot sedang bekerja maka akan menghasilkan gerakan. Otot rangka memiliki banyak inti sel , itulah yang membuat nya mampu bekerja kuat, namun otot ini mudah lelah. Mudah lelah disini artinya tidak bisa melakukan suatu pekerjaan secara terus menerus tanpa istirahat. Beda halnya dengan otot jantung. Otot ini memiliki sel-sel berbentuk silinder yang sangat panjang. Disebut otot rangka karena melekat pada rangka tubuh. Strukturnya dapat dilihat pada gambar di bawah. Otot lurik atau Skeletal Muscle memiliki pigmen bernama mioglobin. Otot jenis ini merupakan otot yang paling banyak ditemukan dan mendominasi hampir seluruh tubuh hewan juga manusia.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 00.50

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Otot Lurik yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top