Pengertian Tropisme

Pengertian Tropisme - Tropisme adalah gerak tidak bebas bagian tubuh tumbuhan karena pengaruh rangsangan tertentu. Arah geraknya dapat mendekati atau menjauhi sumber rangsangan. Pada umumnya, gerak tropisme pada tumbuhan tidak terlihat oleh kita karena berlangsung secara berlahan. Sebagai contoh, gerak menutup dan membuka pada bunga, dan gerak membeloknya batang menuju cahaya matahari.
Tropisme

Tropisme
Tropisme adalah pergerakan dalam pertumbuhan sel (umumnya pada sel tumbuhan) yang menyebabkan pergerakan organ tumbuhan utuh menuju atau menjauhi sumber rangsangan (stimulus). Apabila pergerakan pertumbuhan menuju ke arah sumber rangsangan maka disebut tropisme positif, sedangkan pergerakan pertumbuhan yang menjauhi sumber rangsangan disebut tropisme negatif. Secara etimologis, tropisme berasal dari bahasa Yunani "tropos" yang memiliki makna "berputar". Saat ini telah ditemukan beberapa macam tropisme berdasarkan sumber stimulus atau rangsangannya.

Berdasarkan jenis rangsangnya, tropisme dibedakan menjadi beberapa jenis, antara lain fototropisme, geotropism, dan hidrotropisme.

a. Fototropisme. Fototropisme adalah gerak bagian tertentu dari tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh pengaruh rangsangan yang berupa cahaya matahari. Ujung tumbuhan yang semula tegak ke atas, membelok kea rah datangnya sumber cahaya yang ada di sampingnya. Hal itu terjadi karena tumbuhan memerlukan cahaya matahari untuk melakukan fotosintesis. Proses fotosintesis berlangsung di dalam daun. Oleh karena itu, tidak aneh apabila daun-daun tanaman selalu berusaha menghadap dan tumbuh kea rah datangnya cahaya.

b. Geotropisme. Geotropisme adalah gerak bagian tertentu dari tumbuhan karena pengaruh gaya gravtasi bumi. Tampak pada ujung akar yang semula diletakkan dengan posisi mendatar, tumbuh ka arah bawah atau kearah pusat gaya gravitasi bumi. Sebaliknya, ujung batangnya bergerak kea rah yang berlawanan, yaitu menjauhi pusat gaya gravitasi bumi. Mengapa demikian?

c. Hidrotropisme. Hidrotropisme adalah gerak bagian tubuh tumbuhan yang disebabkan oleh pengaruh rangsangan yang berupa air. Gerak tersebut tampak jelas pada akar. Pada dasarnya akar akan bergerak ke bawah, mendekati pusat gravitasi bumi. Namun demikian, banyak ujung-ujung akar yang bergerak mendatar mendekati tempat yang cukup air.


Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 01.11

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Tropisme yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top