Selasa, 01 Desember 2015

Pengertian Kalsium (Ca)

| Selasa, 01 Desember 2015
Pengertian Kalsium (Ca) - Kalsium adalah unsur kimia yang memiliki lambang Ca dan mempunyai nomor atom 20. Kalsium berupa logam, dengan titik lebur 842 Derajat Celcius dan titik didih 1480 Derajat Celcius. Ditemukan pada tahun 1808 oleh H. Davy J. Berzelias, dan M. Portin. Kalsium berguna pada bidang Biologi yaitu berguna untuk kepentingan kelangsungan hidup karena kalsium merupakan unsur penting dalam organisme hidup, terutama dalam kulit, tulang dan gigi. Kurang lebih 2% tubuh manusia tersusun dari kalsium.
Makanan yang Mengandung Kalsium Tinggi

Buah-buahan dan Sayuran yang mengandung Kalsium
Kalsium penting bagi pertumbuhan normal dan penjagaan jaringan keras tulang dan gigi yaitu kira-kira 99%, 1% kalsium terdapat dalam darah dan jaringan lunak. Tanpa kalsium yang 1% ini, otot akan mengalami gangguan kontraksi, darah akan sulit membeku, dan transmisi saraf akan terganggu.

Sumber kalsium terbagi dua, yaitu sumber hewani dan nabati. Sumber kalsium utama adalah susu dan hasil olahan susu, seperti keju. Ikan kering, tulang-tulang ikan lunak, sereal, kacang-kacangan dan hasil kacang-kacangan, tahu, tempe, dan sayuran hijau merupakan sumber kalsium yang baik, tetapi bahan makanan ini mengandung banyak zat yang menghambat penyerapan kalsium seperti serat, fitat, oksalat, dan kandungan protein yang tinggi, Susu non fat merupakan sumber terbaik kalsium, karena ketersedian biologinya yang tinggi.

Kalsium mempunyai fungsi dalam tubuh yaitu Membentuk serta mempertahankan tulang dan gigi yang sehat, Mencegah oesteoporosis. Membantu proses pembekuan darah dan penyembuhan luka, Menghantarkan signal ke dalam sel-sel saraf, mengatur kontraksi otot dan membantu transport ion melalui membran, sebagai komponen penting dalam produksi hormon dan enzim yang mengatur proses pencernaan, energi dan metabolisme lemak, mengaktifkan syaraf dan melancarkan predaran darah, menormalkan tekanan darah dan menyeimbangkan keasaman dan kebasaan darah, menjaga keseimbangan cairan tubuh, mencegah penyakit jantung, menurunkan resiko kanker usus, meminimalkan penyusutan tulang selama hamil dan menyusui, membantu mineralisasi gigi dan mencegah pendarahan akar gigi, serta mengatasi kencing manis (mengaktifkan pankreas).

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar