Pengertian Limbah Padat

Pengertian Limbah Padat - Limbah padat adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk maksud biasa atau utama dalam pembikinan atau pemakaian barang rusak atau bercacat dalam pembuatan manufaktur atau materi berlebihan atau di tolak atau buangan (Kamus Istilah Lingkungan, 1994).
Limbah Padat
Limbah atau sampah yaitu limbah atau kotoran yang dihasilkan karena pembauangan sampah atau zat kimia dari pabrik-pabrik. Limbah atau sampah juga merupakan suatu bahan yang tidak berarti dan tidak berharga, tapi kita tidak mengetahui bahwa limbah juga bisa menjadi suatu yang berguna dan bermanfaat jika diproses secara baik dan benar. Limbah atau sampah juga bisa berarti sesuatu yang tidak bisa berguna dan dibuang oleh kebanyakan orang, mereka menganggapnya sebagai sesuatu yang tidak berguna dan jika pengolahan sampah secara benar maka bisa menjadikan sampah itu menjadi benda ekonomis.

Menurut UU Ri Nomor 18 Tahun 2008 tentang Pengelolaan Sampah, sampah adalah sisa kegiatan sehari-hari manusia dan/atau proses alam yang berbentuk padat. Selanjutnya,dalam buku ini akan digunakan istilah sampah.

Komposisi sampah yang bersumber dari industri dapat diidentifikasi berdasarkan jenis industrinya, misalnya produk kertas, produk logam, dll. WHO mengelompokkan sampah industri dalam tiga kategori utama:

  • Sampah industri tidak berbahaya
  • Sampah berbahaya
  • Sampah rumah sakit
Sampah dapat dikelompokkan dengan beberapa kategorisasi.
  1. Berdasarkan Sumber: a) Rumah Tangga; b) Institusi; c) Kondosial; d) Industri; e) Pertanian; f) Perkotaan; g) Rumah Sakit; h) dll.
  2. Berdasarkan Karakteristiknya: a) Mudah membusuk (biodegradable); b) Tidak mudah membusuk; c) Sampah berupa debu; d) Sampah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun).
  3. Berdasarkan asalnya. Limbah padat dapat digolongkan sebagai limbah padat organik terdiri dari bahan-bahan penyusunan tumbuhan dan hewan yang diambil dari alam atau dihasilkan dari kegiatan pertanian, perikanan, atau yang lain. Limbah padat ini dengan mudah diuraikan dalam proses alami. Limbah padat rumah tangga sebagian besar merupakan bahan organik. Termasuk limbah padat organik, misalnya limbah pada dari dapur, sisa tepung, sayuran, kulit buah, dan daun.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 02.11

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Limbah Padat yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top