Pengertian Pembangunan Kesehatan Masyarakat (PKMD)

Pengertian Pembangunan Kesehatan Masyarakat (PKMD) - Ada beberapa pernyataan mengenai pengertian PKMD, antara lain:
  1. PKMD adalah kegiatan pelayanan kesehatan yang pelaksanaannya di dasarkan melalui sistem pelayanan puskesmas, dimana dalam mengembangkan kegiatan-kegiatan kesehatan oleh lembaga itu diikutsertakan anggota-anggota masyarakat di pedusunan melalui segala pengarahan untuk menimbulkan kesadaran secara aktif di dalam ikut membantu memecahkan dan mengembangkan usaha-usaha kesehatan di desanya (Dirjen Binkesmas Depkes RI, 1976).
    Pembangunan Kesehatan Masyarakat (PKMD)

    Pembangunan Kesehatan Masyarakat (PKMD)
  2. PKMD adalah kegiatan atau pelayanan kesehatan berdasarkan sistem pendekatan edukatif masalah kesehatan melalui puskesmas, dimana setiap individu atau kelompok masyarakat dibantu agar dapat melakukan tindakan-tindakan yang tepat dalam mengatasi kesehatan mereka sendiri. Di samping itu, kegiatan pelayanan kesehatan yang diberikan juga dapat mendorong timbulnya kreativitas dan inisiatif setiap individu atau kelompok masyarakat untuk ikut secara aktif dalam program-program kesehatan di daerahnya, dan menentukan prioritas program sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat yang bersangkutan (Kanwil Depkes Jawa Timur).
Dari kedua pernyataan tersebut, PKMD dapat diartikan sebagai rangkaian kegiatan masyarakat yang dilakukan berdasarkan gotong royong, swadaya masyarakat dalam rangka menolong mereka sendiri untuk mengenal dan memecahkan masalah atau kebutuhan yang dirasakan masyarakat, baik dalam bidang kesehatan maupun bidang yang berkaitan dengan kesehatan agar mampu memelihara kehidupan yang sehat dalam rangka meningkatkan mutu hidup dan kesejahteraan masyarakat.

Pokok-pokok pemikiran yang fundamental, yang mendasari definisi PKMD tersebut di atas ditekankan melalui pendekatan-pendekatan sebagai berikut:
  • Untuk keberhasilan PKMD di suatu daerah harus memanfaatkan pendekatan operasional terpadu (comprehensive operational approach) yang meliputi pendekatan secara sistem (system approach), pendekatan lintas sektoral dan antarprogram (interprogram dan intersectoral approach), pendekatan multidisipliner (multidisiplionnary approach), pendekatan edukatif (educational approach) dan sebagainya.
  • Dalam pembinaan terhadap peran serta masyarakat melalui pendekatan edukatif, hendaknya faktor ikut sertanya masyarakat ditempatkan, baik sebagai komplemen maupun suplemen terdepan dalam menunjang sistem kesehatan nasional ini.
  • Sebagai kegiatan dikelola sendiri oleh masyarakat PKMD secara bertahap dan terus-menerus harus mampu di dorong untuk membuka kemungkinan-kemungkinan menumbuhkan potensi swadayanya melalui pemerataan akan peran serta setiap individu di desa secara lebih luas dan nyata.
  • Puskemas sebagai pengarah (provider) setempat perlu meningkatkan kegiatan di luar gedung (outdoor activities) untuk mengarahkan intervensinya di dalam memacu secara edukatif terhadap kelestarian kegiatan PKMD oleh masyarakat di bawah bimbingan Lembaga Sosial Desa (LSD)
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 19.48

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Pembangunan Kesehatan Masyarakat (PKMD) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top