Pengertian Desain Penelitian

Pengertian Desain Penelitian - Sebelum memulai penelitian. Peneliti harus mempersiapkan segala sesuatunya seteliti mungkin. Apa yang dipersiapkan itu disusun dalam suatu rencana yang disebut metode dan desain penelitian. Desain penelitian (rancangan penelitian) sebenarnya merupakan strategi peneliti dalam menggunakan metode pengumpulan data yang akan digunakan, atau dengan kata lain desain penelitian adalah suatu rencana mengenai suatu keadaan/kondisi untuk pengumpulan dan analisis data dalam suatu cara untuk menyatukan hubungan (atau perlunya) maksud/tujuan penelitian dengan penghematan dalam prosedur.
Pengertian Desain Penelitian

Desain Penelitian
Ada banyak desain penelitian, tetapi tidak satu pun definisi yang mengungkapkan seluruh aspek yang penting. Sebagai contoh beberapa definisi desain penelitian yaitu: Bernard Philips (1971) dan Dr Muhammad mengatakan desain penelitian merupakan cetak biru bagi pengumpulan data, pengukuran dan penganalisian data. Desain ini membantu ilmuwan dalam mengalokasi sumber daya yang terbatas dengan mengemukakan pilihan penting. Sedangkan Kerlinger (1989) mengatakan desain penelitian adalah rencana dan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penelitian. Rencana ini merupakan program menyeluruh dari penelitian. Rencana ini merupakan program menyeluruh dari penelitian, suatu desain penelitian menyatakan, baik struktur masalah penelitian maupun rencana penyelidikan yang akan dipakai untuk memperoleh bukti empiris mengenai hubungan dan masalah.

Pembicaraan tentang desain penelitian secara definitif, pada dasarnya hanya untuk kepentingan penelitian kuantitatif. Namun tidak berarti bahwa penelitian kualitatif bebas dari kewajiban menyusun desain, meskipun sederhana dan kemungkinan terus menerus dapat diperbaiki, disempurnakan dan diubah, selama penelitian berlangsung. Desain penelitian sebagai rencana kerja atau pedoman pelaksana penelitian, kerap kali juga disebut dengan Term of Referance (TOR), dan bahkan mungkin pula istilah-istilah lain.

Menurut Dr. Husein Umar (2010) pendapat para ahli tentang desain penelitian (research design)

  1. Desain penelitian merupakan cetak biru (blue print) dalam hal bagaimana data dikumpulkan, diukur, dan dianalisis. Melalui desain inilah peneliti dapat mengkaji alokasi sumber daya yang dibutuhkan.
  2. Desain penelitian merupakan suatu rencana kerja yang terstruktur dalam hal hubungan-hubungan antarvariabel secara komprehensif, sedemikian rupa agar hasil risetnya dapat memberikan jawaban atau pernyataan-pernyataan riset. Dalam rencana tersebut mencakup hal-hal yang dilakukan priset mulai dari membuat hipotesis dan implikasinya secara operasional sampai pada analisis akhir.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 20.00

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Desain Penelitian yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top