Pengertian Harga Pokok Produksi

Pengertian Harga Pokok Produksi - Untuk membentuk suatu harga pokok produksi dibutuhkan berbagai informasi mengenai biaya-biaya yang terjadi selama proses produksi karena biaya produksi akan membentuk harga pokok produksi. Dalam pembuatan produk terdapat dua kelompok biaya yaitu, biaya produksi dan biaya nonproduksi. Biaya produksi merupakan biaya-biaya yang dikeluarkan dalam pengolahan bahan baku menjadi produk. Sedangkan biaya non produksi biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan non produksi, seperti kegiatan pemasaran, dan kegiatan administrasi umum.
Harga Pokok Produksi

Pengertian Harga Pokok Produksi
Beberapa penulis memberikan pengertian yang berbeda tentang harga pokok produksi. Menurut buku Akuntansi Biaya Perhitungan Harga Pokok Produksi, pengertian harga pokok produksi adalah sebagai berikut: Harga pokok produksi adalah biaya produksi yang dianggap melekat kepada unit produknya disebut harga pokok produksi. Harga pokok per unit merupakan hasil bagi dari total biaya produksi dengan jumlah unit produk yang dihasilkan dalam suatu priode proses produksi. Harga pokok merupakan unit pengukur yang seragam dan bersifat universal karena dinyatakan untuk setiap satuan output yang dihasilkan oleh perusahaan dari waktu ke waktu. (Harmanto, 1999:204).

Sedangkan dalam buku Akuntansi Manajemen memberikan pengertian yang berbeda tentang harga pokok produksi yaitu: Harga pokok produksi adalah aktiva atau jasa yang dikorbankan atau diserahkan dalam proses produksi yang meliputi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, biaya overhead pabrik yang membentuk harga pokok produksi (Supriyono, 1999: 11).

Dari pengertian-pengertian diatas dapat diambil kesimpulan bahwa harga pokok produksi adalah biaya yang dikeluarkan untuk memproduksi suatu produk pada waktu tertentu yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik.

Metode penentuan harga pokok produksi adalah cara memperhitungkan unsur-unsur biaya ke dalam harga pokok produksi. Menurut buku Akuntansi Biaya dalam memperhitungkan unsur-unsur biaya ke dalam harga pokok produksi terdapat dua pendekatan yaitu:
  1. Pendekatan full costing adalah metode penentuan harga pokok produksi yang memperhitungkan semua unsur biaya produksi ke dalam harga pokok produksi, yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik, baik yang berperilaku variabel maupun tetap.
  2. Pendekatan variabel costing merupakan metode penentuan harga pokok produksi yang hanya memperhitungkan biaya produksi yang berperilaku variabel ke dalam harga pokok produksi, yang terdiri dari biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, dan biaya overhead pabrik (Mulyadi, 2000: 18).
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 20.46

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Harga Pokok Produksi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top