Pengertian Masalah Penelitian

Pengertian Masalah Penelitian - Masalah dalam penelitian adalah pernyataan mengenai keterkaitan antara dua atau lebih variabel yang penemuan jawabannya dilakukan dengan melakukan bukti-bukti empirik.
Pengertian Masalah Penelitian

Masalah Penelitian
Masalah penelitian adalah pertanyaan-pertanyaan yang sengaja diajukan untuk dicarikan jawabannya melalui penelitian.

Permasalahan secara faktual dapat berupa kesulitan yang dirasakan oleh orang awam maupun para peneliti, permasalahan dapat diartikan juga sebagai sesuatu yang menghalangi tercapainya tujuan.

Permasalahan dapat pula diartikan sebagai sesuatu yang dijadikan target yang telah ditetapkan oleh peneliti, tetapi karena sesuatu hal target tidak dapat tercapai.

Masalah penelitian adalah suatu situasi yang merupakan akibat dari interaksi dua atau lebih faktor (seperti: kebiasan-kebiasan, keadaan-keadaan, keinginan-keinginan, dan sebagainya).

Masalah penelitian secara umum dapat diartikan sebagai suatu kesenjangan (gap) antara yang seharusnya dengan apa yang terjadi tentang sesuatu hal, atau antara kenyataan yang ada atau terjadi dengan yang seharusnya ada atau terjadi serta antara harapan dan kenyataan.

Permasalahan adalah suatu kesenjangan antara harapan dangan kenyataan, perundang-undangan dengan pelaksanaan, peraturan dengan implementasinya, teori dengan praktik, sehingga menarik minat dan perhatian untuk diteliti.

Masalah adalah kesenjangan (gap) antara harapan (das solen) dengan kenyataan (das sein), antara kebutuhan dengan yang tersedia, antara yang seharusnya dengan yang ada. Penelitian dimaksudkan untuk menutup kesenjangan. Kesenjangan masalah menimbulkan kebutuhan untuk menutupnya dengan mencari jawaban atas pertanyaan yang menimbulkan kesenjangan. Kegiatan menutup kesenjangan dilakukan dengan penelitian. Dengan kata lain, penelitian mencari suatu jawaban yang belum diketahui, memenuhi kebutuhan yang belum tersedia, dan menyediakan yang belum ada. Penelitian di harapkan dapat memecahkan masalah atau setidak-tidaknya memperkecil kesenjangan.

Masalah penelitian dapat timbul dari berbagai macam antara lain; Pengalaman pribadi, dedukasi dan teori, membaca buku, keadaan sosial politik dan situasi praktis.

  1. Pengalaman pribadi, yaitu dapat menjadi sumber masalah penelitian sangat baik, khususnya bagi peneliti pemula.
  2. Dedukasi dari teori pendidikan dan teori tingkah laku, juga merupakan sumber permasalahan yang baik.
  3. Membaca buku. Sumber permasalahan lainnya adalah membaca literatur yang menarik perhatian peneliti, menarik dapat dilihat dari segi keterkaitan dengan bidang keahliannya atau dengan isu-isu tersebut telah menjadi polemik di tengah-tengah masyarakat.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.56

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Masalah Penelitian yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top