Pengertian Registrasi Kanker

Pengertian Registrasi Kanker - Registrasi kanker adalah sebuah proses pengumpulan data yang sistematis dan berkesinambungan pada setiap kejadian dan karakteristik neoplasma dengan tujuan mengestimasi dan mengontrol dampak yang diakibatkan pada masyarakat. Hal ini berarti bahwa registrasi sama dengan sistem surveilans dimana focus kegiatannya adalah melakukan pengamatan untuk mendapatkan data yang objektif mengenai suatu penyakit.
Registrasi Kanker
Registrasi kanker merupakan bagian yang sangat penting dalam program pengedalian penyakit kanker di suatu negara. Data registrasi kanker dapat digunakan sebagai dasar untuk pengendalian kanker di berbagai bidang, mulai dari penelitian faktor resiko sampai perencanaan pencegahan primer, sekunder, dan perawatan pasien, sehingga keuntungan dapat dirasakan oleh setiap individu di masyarakat.

Sebagai sistem pengumpulan data yang komprehensif, maka sumber data registrasi kanker dapat berasal dari:
  1. Laboratorium
  2. Rumah sakit yang melayani pasien kanker
  3. Sertifikasi kematian
  4. Klinik swasta
  5. Dokter praktek
Peranan registrasi kanker merupakan salah satu cara untuk mengendalikan kanker yang sangat penting. Dengan sistem registrasi akan diketahui besarnya masalah kanker, karakteristik penderita kanker, apa yang harus dilakukan untuk menurunkan angka kejadian kanker, dan apa hasil yang telah dicapai dalam upaya penanggulangan kanker. Bahkan dalam registrasi memungkinkan untuk memperoleh data spesifik tentang keberlangsungan suatu kanker atau ditemukannya jenis kanker baru dimasyarakat. Sehingga data dari sistem registrasi akan sangat membantu dalam proses penyusunan langkah intervensi yang tepat.

Tujuan registrasu kanker adalah untuk mengumpulkan dan mengklasifikasi informasi keseluruhan data kanker sehingga dapat dihasilkan data statistik kejadian kanker pada suatu populasi tertentu sehingga dapat memberikan gambaran tentang:
  • Frekuensi penyakit yang diregister
  • Kecenderungan perjalanan penyakit
  • Evaluasi perencanaan dan penyakit yang diregister
Berdasarkan tujuan yang ingin dicapai, maka materi yang dikumpulkan dalam sistem registrasi kanker antara lain:
  1. Identitas penderita (umur, pekerjaan, pendidikan, alamat, dll)
  2. Administrasi rumah salit
  3. Diagnose kanker
  4. Terapi kanker
  5. Hasil terap dan follow up
  6. Pencataan kematian.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 18.44

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Registrasi Kanker yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top