Loyalitas atau Kesetiaan (loyalty)

Loyalitas atau Kesetiaan (loyalty) - Loyalitas melibatkan keyakinan dasar terhadap kebenaran dari sesuatu yang melekat dengan kuat dalam diri seseorang. Seseorang dapat menjadi loyal kepada negara, keluarga, regu, atau di suatu organisasi karena dilandasi oleh suatu keyakinan kuat terhadap sesuatu yang dapat memberikan manfaat dan kemaslahatan (Stevenson, 2006). Landasan keyakinan yang kuat itulah yang dapat memberikan motivasi dan semangat yang kuat untuk bekerja dan memerjuangkan apa yang diyakini walaupun sebenarnya terasa sangat sulit.
Loyalitas

Pentingnya Loyalitas
Kleinig (2012): 1) mengatakan bahwa loyalitas biasanya dilihat sebagai suatu kebajikan, meskipun terkadang menjadi masalah. Loyalitas dibangun atas dasar ketekunan dan komitmen yang tinggi terhadap suatu masalah, orang atau negara. Sebaliknya, sering kita beri kecaman ketika menyaksikan seseorang dengan mudah beralih prinsip lantaran diperhadapkan dengan suatu kekuasaan atau janji-janji yang menguntungkan bagi dirinya. Orang tersebut dianggap tidak loyal kepada atasan, organisasi, atau bahkan kepada negara. Tetapi oleh pihak lain yang merasa meraup keuntungan dipandang sebagai pejuang karena telah berhasil keluar dari kungkungan pihak yang seolah menyandera hak-hak hidup yang memang harus diperjuangkan.

Sering juga kita dengar berbagai pernyataan seperti bukannya tidak loyal, tetapi sangat ingin mengedepankan nilai-nilai yang lebih besar yang bukan hanya sekedar loyal kepada individu atasan tetapi saya harus harus dapat melihat loyalitas kepada bangsa dan negara yang lebih besar. Pandangan seperti ini, boleh jadi dapat diterima selama tidak mengorbankan pihak lain yang telah ditinggalkannya, artinya, tidak menyerang balik orang yang selama ini telah membina, mendidik, dan membesarkannya. Seorang yang loyal dalam bekerja yang memiliki sikap sesuai dengan pengertian loyalitas akan mampu menghadapi permasalahan ini dengan bijaksana. Hal ini hanya dapat dilakukan apabila seorang bersungguh-sungguh dalam mencintai pekerjaannya.

Sikap loyal dapat diterapkan oleh setiap orang dalam berbagai hal. Dalam pengertian loyalitas, kesetiaan menjadi poin utama yang dapat diberikan karyawan kepada perusahaan tempatnya bekerja. Loyalitas seseorang merupakan kondisi psikologis sesorang yang mengikat dirinya dan menjadi atasannya, karenanya pengertian loyalitas bukan hanya sekadar kesetiaan fisik yang tercermin dari seberapa lama seseorang berada di dalam organisasi, namun dapat diliat dari seberapa besar pikiran, perhatian, gagasan, serta dedikasinya tercurah sepenuhnya kepada atasannya tersebut. 

Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 06.23

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Loyalitas atau Kesetiaan (loyalty) yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top