Pengertian Dzikir

Pengertian Dzikir - Dzikir dan do'a merupakan cara yang tepat untuk menenangkan dan menentramkan hati dalam menghadapi kehidupan ini, apalagi bila dihubungkan dengan sakit dan penyakit yang diderita. Dzikir dan do'a akan senantiasa mengantarkan kita untuk selalu teringat akan kebesaran Allah SWT. Yang Maha pengasih lagi maha penyanyang, sehingga dengan dzikir dan do'a, hati kita akan bersih dan terjauh dari bisikan dan godaan syetan.
Berzikir
Khusyuk dalam Berdzikir
Orang yang beriman kepada Allah serta tentu tidak lengah dan lalai dari berdzikir kepada Allah SWT, yakni senantiasa teringat dan terkenang akan kebesaran DzatNya yang maha Pengasih lagi maha Penyanyang.

Adapun salah satu cara mengingat Allah adalah dengan dzikir karena dzikir dapat mendekatkan diri kepada Allah, serta dapat dijadikan sebagai penawar sajit bagi hati dan jiwa yang rusuh, resah dan gelisah dengan dzikir maka jiwa akan dipenuhi kekayaan batin berupa ketenangan dan ketentraman hati, dalam menghadapi kehidupan ini, sehingga tidak ada tempat dihati kita bagi bisikan syetan.

Dzikir dalam pengertian khusus adalah sebagaimana yang dijelaskan didalam kitab Fathu'l Barie, oleh Hafidz Ibnu Hajar menyatakan bahwa, dzikir itu adalah segala lafadz (ucapan) yang disukai ummat membacanya dan membanyakan membacanya untuk menghasilkan jalan mengingat dan mengenang akan Allah SWT, seperti lafazh-lafazh Al Baqiytush shalihat. Dengan demikian dzikir ialah mengingat Allah dengan membacanya.

Ucapan Dzikir
  1. Membaca tasbih "Subhaanalah" Artinya: Maha suci Allah
  2. Membaca tahmid "Alhamdulilah" Artinya : Segala puji bagi Allah 
  3. Membaca tahlil "Laa ilaaha illalaahu" Artinya : Tiada tuhan kecuali Allah
  4. Membaca takbir "Allaahu Akbar" Artinya: Allah maha besar
  5. Membaca hauqalah "Laa haula walaa quwwata illaa billaah" Artinya: Tidak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan Allah.
  6. Membaca Hasbalah "Hasbiyallaahu wa ni'mal wakil" Artinya: Cukuplah Allah dan sebaik-baiknya pelindung
  7. Membaca istighfar "Astaghfirullaahal adziim" Artinya: Saya mohon ampun pada Allah yang Maha Agung
  8. Membaca lafadh Baaqiyaatush shaalihat "Subhaanalah, wal hamdulillah, walaa ilaaha illaallaahu, wallaahu akbar" Artinya: Maha suci Allah, dan segala puji bagi Allah, dan tidak ada Tuhan kecuali Allah, dan Allah Maha Besar.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.56

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Dzikir yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top