Pengertian Modal Ventura

Pengertian Modal Ventura - Perusahaan modal ventura adalah badan usaha yang melakukan usaha pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal ke dalam suatu perusahaan yang menerima bantuan pembiayaan untuk jangka waktu tertentu (Keppres, No. 61 Tahun 1998).
Modal Ventura
Pengertian Modal Ventura
Perusahaan yang dibiayai oleh perusahaan modal ventura disebut perusahaan pasangan usaha atau investee company. Umumnya pembiayaan yang diberikan oleh perusahaan modal ventura disertai dengan persyaratan keterlibatan perusahaan modal ventura dalam manejemen perusahaan pasangan usaha, yang biasanya telah disepakati lebih dahulu dan diatur dalam perjanjian modal ventura. Jangka waktu penyertaan bersifat sementara dan akan di tarik kembali setelah usaha yang dibiayainya tersebut berjalan lancar. Keuntungan yang diharapkan dari usaha yang berisiko tinggi terutama dalam bentuk capital gain, dividen, atau bunga.

Ciri-ciri khusus investasi modal ventura terlihat pada tingginya resiko yang dihadapi oleh pemodal atau (ventura capitalist) tanpa melihat struktur investasi, apakah investasi dalam bentuk penyertaan yang memberikan capital gain dalam suatu jangka waktu atau berupa pinjaman yang memberikan keuntungan (return on investment) tinggi bagi pemodal ventura.

Perbedaan perusahaan ventura dengan bank terutama dari segi adanya bantuan manajemen. Perusahaan modal ventura akan terlibat dalam pengelolaan perusahaan pasangan usaha yang dibiayainya. Adapun bank tidak ikut terlibat dalam manajemen perusahaan yang dibiayainya. Keterlibatan perusahaan modal ventura antara lain meliputi kegiatan operasi perusahaan di samping memberikan usulan-usulan. Pada prinsipnya, perusahaan modal ventura bertindak seolah-olah sebagai patner. Di samping itu. perusahaan modal ventura senantiasa berusaha mengembangkan perusahaan pasangan usahanya untuk menjadi lebih menguntungkan sehingga dapat memberikan keuntungan yang lebih tinggi bagi perusahaan modal ventura.

Perusahaan pasangan usaha akan memberikan dampak positif kepada perusahaan, antara lain sebagai berikut.
  1. Perusahaan akan memperoleh dana segar (fresh blood) yang dapat digunakan untuk modal kerja ataupun modal investasi perusahaan.
  2. Perusahaan akan memperoleh tambahan laba yang disebabkan adanya perbedaan antara fair value dan face value saham yang dibeli oleh perusahaan modal ventura.
  3. Kedua hal tersebut merupakan dana tambahan tak berbiaya bagi perusahaan pasangan usaha.
  4. Struktur permodalan perusahaan pasangan usaha akan membaik sehingga menimbulkan kepercayaan keuangan, baik bagi bank maupun relasi usaha.
  5. Perusahaan pasangan usaha akan memiliki peluang lagi untuk mendapatkan fasilitas pinjaman (baik direct maupun indirect) dari bank.
  6. Penyertaan modal venturan perusahaan pasangan usaha pada dasarnya menjembatani kebutuhan dana jangka panjang perusahaan yang diharapkan dapat dipenuhi dari pasar modal dengan kebutuhan yang telah mendesak.
  7. Perusahaan pasangan usaha akan mendapatkan bimbingan (termasuk pengawasan tentunya) dari perusahaan modal ventura sehingga perusahaan akan tetap pada arah yang benar untuk menjadi besar dan mampu go public.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 06.10

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Modal Ventura yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

1 komentar:

Posting Komentar

Back to top