Pengertian Silaturrahim

Pengertian Silaturrahim - Secara etimologi, silaturrahim adalah kata majemuk yang diambil dari bahasa Arab, yakni dari kata shilah dan rahim. Kata shilah berasal dari washala (waw, sin, dan lam) yang menunjuk pada satu makna yaitu menghimpun sesuatu pada sesuatu hingga melekat, artinya hanya yang putus dan terserak yang dituju oleh kata shilah. Adapun kata rahim berasal dari rahima (ra, ha, dan mim) yang bermakna kasih sayang dan iba. Kemudian berkembang hingga berarti peranakan (kandungan), karena anak yang dikandung selalu mendapat kasih sayang.
Silahturrahim di antara Ibu-Ibu

Pengertian Silaturrahim
Secara terminologi, silaturrahim berarti menyambung tali persaudaraan atau persahabatan sesama manusia, dan tidak terbatas pada hubungan nasab saja. Menurut Quraish Shihab, ada empat macam persaudaraan yang digambarkan oleh ayat-ayat al-Qur'an yaitu:
  1. Ukhuwah'ubudiyyah; persaudaraan sesama mahluk Allah dalam hal ketundukan kepada-Nya.
  2. Ukhuwah insaniyyah; persaudaraan antar sesama manusia.
  3. Ukhuwah wathaniyyah wa al-nasab; persaudaraan dalam keturunan dan kebangsaan.
  4. Ukhuwah fil al-din al-Islam; persaudaraan sesama muslim. Allah swt, berfirman dalam QS. al-Hujurat/49:10. Yang artinya "Orang-orang beriman itu sesungguhnya bersaudara, sebab itu damikanlah (perbaikilah hubungan) antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah, supaya kamu mendapat rahmat.
Dal hadis Nabi saw. disebutkan bahwa antara seorang mukmin lainnya bagaikan sebuah bangunan yang saling melengkapi dan menguatkan. Bangunan tidak akan berdiri kalau salah satu komponennya tidak ada atau rusak.

Berdasarkan hadis di atas, maka dapat dilihat bahwa silaturrahim adalah bagian dari konsekuensi iman. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya silaturrahim dalam kehidupan.

Sesungguhnya silaturrahim merupakan amal saleh yang penuh berkah, serta pelakunya akan mendapat kebaikan di dunia maupun diakhirat. Kaum muslimin hendaknya tidak melalaikan dan melupakan hal tersebut. Oleh karena itu, sepatutnya meluangkan waktu untuk melaksanakan amal saleh ini. Saat ini alat transportasi dan komunikasi sudah sedemikian canggih, hingga jarak dan waktu tidak lagi menjadi halangan untuk melaksanakan amal saleh yang satu ini.

Oleh karena itu, Islam sangat menganjurkan silaturrahim. Hal ini bisa dilihat dalam ayat-ayat al-Qur'an maupun hadis Nabi saw, yang berbicara tentang silaturrahim. Di antaranya adalah firman Allah swt. dalam QS. Muhammad (47):22-23.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 18.11

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Silaturrahim yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top