Pengertian Stroke Hemmoragic

Pengertian Stroke Hemmoragic - Stroke hemmoragic merupakan gangguan suplai darah yang disebabkan karna pembuluh darah pecah sehingga menghambat aliran darah yang normal dan darah merembes ke dalam suatu daerah di otak dan kemudian merusaknya. Hampir 70% kasus stroke hemoragik terjadi pada penderita hipertensi.
Stroke Hemmoragic
Stroke hemmoragic dibedakan atas:
  1. Pendarahan Intraserebral adalah pendarahan yang terjadi didalam jaringan otak. Pendarahan intraserebral biasanya timbul karena pecahnya mikroaneurisma (berry aneurysm) akibat hipertensi maligna. Hal itu paling sering terjadi di daerah subkortikal, serebellum, dan batang otak. Hipertensi kronik menyebabkan pembuluh arteriola berdiameter 100-400 mikrometer mengalami perubahan patologi pada dinding pembuluh darah tersebut berupa lipohialinosis, nekrosis fibrinoid serta timbulnya aneurisma tipe Bouchard. Pada kebanyakan pasien, peningkatan tekanan darah yang langsung menyebabkan rupturnya penetrating arteri yang kecil. Keluarnya darah dari pembuluh darah kecil membuat efek penekanan pada arteriole dan pembuluh kapiler yang akhirnya membuat pembuluh ini pecah juga. Hal ini mengakibatkan volume pendarahan semakin besar. Elemen vasoaktif darah yang keluar serta laskade iskemik akibat menurunnya tekanan perfusi, menyebabkan neuron di daerah yang terkena darah dan sekitarnya lebih tertekan lagi. Gejala neurologik timbul karena ekstravasasi darah ke jaringan otak yang menyebabkan nekrosis.
  2. Pendarahan subarakhnoid yaitu pendarahan ini adalah pendarahan yang terjadi pada ruang subaraknoid (ruang sempit antara permukaan otak dan lapisan jaringan yang menutupi otak). Pendarahan subaraknoid (PSA) terjadi akibat pembuluh darah disekitar permukaan otak pecah, sehingga terjadi ekstravasasi darah ke ruang subarachnoid. Pendarahan subarachnoid umunya disebabkan oleh rupturnya aneurisma sakular atau pendarahan dari arteriovenous malformation (AVM).
Biasanya penyakit ini banyak diderita oleh orang yang berusia lanjut, sehingga penyakit harus di tangani lebih serius dan harus lebih sering untuk memeriksakan diri ke dokter. Penyakit ini bisa disebabkan oleh menipis dan rapuh dinding arteri yang ada di otak sehingga biasanya otak akan menjadi lumpuh dan sehingga menimbulkan penyakit stroke ini harus ditangani dengan serius.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 14.11

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Stroke Hemmoragic yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top