Rabu, 18 Mei 2016

Pengertian Bisnis Global

| Rabu, 18 Mei 2016
Pengertian Bisnis Global - Ball (2005:8) menjelaskan, bisnis global atau bisnis internasional adalah kegiatan bisnis yang melewati batas-batas negara. Kegiatan bisnis ini meliputi perdagangan, perbankan, industri, dan jasa. Pengertian yang lainnya adalah:
Pengertian Bisnis Global

Bisnis Global Adalah
  1. Bisnis global atau bisnis luar negeri ialah operasi-operasi domestik di sebuah negara asing.
  2. Bisnis global atau perusahaan multi domestik (multi domestic company - MDC) ialah sebuah organisasi bisnis dengan banyak cabang di banyak negara, di mana masing-masing cabang merumuskan strategi bisnisnya sendiri berdasarkan kondisi pasar.
  3. Bisnis global atau perusahaan global (global company-GC) ialah sebuah organisasi bisnis yang berupaya membakukan dan memadukan operasi-operasi di seluruh dunia dalam semua bidang fungsional.
  4. Bisnis global atau perusahaan internasional (internasional company - IC) ialah merujuk pada perusahaan-perusahaan global atau multi domestik.
Ball (2005:10) menjelaskan dimaksud globalisasi ialah globalisasi ekonomi, yaitu perusahaan-perusahaan raksasa atau multi National Corporation yang beroperasi di seluruh dunia. Pada tahun 1999, dalam pertemuan tahunan mereka di Davos Swiss, mereka mendeklarasikan istilah globalisasi (globality) yaitu hasil dari globalisasi. Globalisasi adalah proses kaum kapitalis global beroperasi di seluruh dunia. Selanjutnya Ball menjelaskan bahwa globalisasi itu terjadi karena lima dorongan yaitu:
  1. Politik, kaum kapitalis global ingin memimpin dunia
  2. Ilmu dan teknologi (IPTEK), pemilik IPTEK ingin menguasai budaya bangsa-bangsa di seluruh dunia
  3. Pasar, kaum kapitalis global ingin menjadi monopoli tunggal pasar uang dan pasar barang
  4. Biaya, kaum kapitalis global ingin menghemat biaya dengan cara mendirikan pabrik-pabriknya di negara-negara bekas jajahan yang buruhnya murah
  5. Persaingan, kaum kapitalis global ingin menghancurkan kapitalis nasional yang tidak bersedia menjadi patnernya.
Kelima dorongan itu merupakan bahaya bagi Negara-Negara Sedang Berkembang karena mereka lemah di bidang politik, ekonomi, ilmu, teknologi, dan modal. Kelemahan-kelemahan itu di manfaatkan oleh kapitalis global untuk memimpin (menghegemoni) dari menguasai (mendominasi) hampir semua aspek kehidupan di Negara-Negara Sedang Berkembang. Dari kelima dorongan itu yang paling berbahaya adalah keinginan kapitalis global untuk memimpin dunia, artinya dunia harus berada di bawah kekuasaannya; kapital harus berkuasa di seluruh dunia; negara harus tunduk terhadap kapitalis global.

Related Posts

5 komentar:

  1. Assalamualaikum wrb salam persaudaraan,perkenalkan saya Sri Wulandari asal jambi,maaf sebelumnya saya hanya mau berbagi pengalaman kepada saudara(i) yang sedang dalam masalah apapun,sebelumnya saya mau bercerita sedikit tentang masalah saya,dulu saya hanya penjual campuran yang bermodalkan hutang di Bank BRI,saya seorang janda dua anak penghasilan hanya bisa dipakai untuk makan anak saya putus sekolah dikarenakan tidk ada biaya,saya sempat stres dan putus asa menjalani hidup tapi tiap kali saya lihat anak saya,saya selalu semangat.saya tidak lupa berdoa dan minta petunjuk kepada yang maha kuasa,tampa sengaja saya buka internet dan tidak sengaja saya mendapat nomor tlpon Aki Sulaiman,awalnya saya Cuma iseng2 menghubungi Aki saya dikasi solusi tapi awalnya saya sangat ragu tapi saya coba jalani apa yang beliau katakan dengan bermodalkan bismillah saya ikut saran Aki Sulaiman saya di ritualkan dana gaib selama 3 malam ritual,setelah rituialnya selesai,subahanallah dana sebesar 2M ada di dalam rekening saya.alhamdulillah sekarang saya bersyukur hutang di Bank lunas dan saya punya toko elektronik yang bisa dibilang besar dan anak saya juga lanjut sekolah,sumpah demi Allah ini nyata tampa karangan apapun,bagi teman2 yang mau berhubungan dengan Aki Sulaiman silahkan hub 085216479327 insya Allah beliau akan berikan solusi apapun masalah anda mudah2han pengalaman saya bisa menginspirasi kalian semua,Assalamualaikum wrb.JIKA BERMINAT SILAHKAN HUB AKI SULAIMAN 085-216-479-327,TAMPA TUMBAL,TIDAK ADA RESIKO APAPUN(AMAN) .

    BalasHapus
  2. terima kasih atas materinya sangat membantu saya dalam mengenal bisnis
    my blog

    BalasHapus
  3. Terima kasih blog anda sangat bermanfaat
    My blog

    BalasHapus