Pengertian Bisnis Global

Pengertian Bisnis Global - Ball (2005:8) menjelaskan, bisnis global atau bisnis internasional adalah kegiatan bisnis yang melewati batas-batas negara. Kegiatan bisnis ini meliputi perdagangan, perbankan, industri, dan jasa. Pengertian yang lainnya adalah:
Pengertian Bisnis Global

Bisnis Global Adalah
  1. Bisnis global atau bisnis luar negeri ialah operasi-operasi domestik di sebuah negara asing.
  2. Bisnis global atau perusahaan multi domestik (multi domestic company - MDC) ialah sebuah organisasi bisnis dengan banyak cabang di banyak negara, di mana masing-masing cabang merumuskan strategi bisnisnya sendiri berdasarkan kondisi pasar.
  3. Bisnis global atau perusahaan global (global company-GC) ialah sebuah organisasi bisnis yang berupaya membakukan dan memadukan operasi-operasi di seluruh dunia dalam semua bidang fungsional.
  4. Bisnis global atau perusahaan internasional (internasional company - IC) ialah merujuk pada perusahaan-perusahaan global atau multi domestik.
Ball (2005:10) menjelaskan dimaksud globalisasi ialah globalisasi ekonomi, yaitu perusahaan-perusahaan raksasa atau multi National Corporation yang beroperasi di seluruh dunia. Pada tahun 1999, dalam pertemuan tahunan mereka di Davos Swiss, mereka mendeklarasikan istilah globalisasi (globality) yaitu hasil dari globalisasi. Globalisasi adalah proses kaum kapitalis global beroperasi di seluruh dunia. Selanjutnya Ball menjelaskan bahwa globalisasi itu terjadi karena lima dorongan yaitu:
  1. Politik, kaum kapitalis global ingin memimpin dunia
  2. Ilmu dan teknologi (IPTEK), pemilik IPTEK ingin menguasai budaya bangsa-bangsa di seluruh dunia
  3. Pasar, kaum kapitalis global ingin menjadi monopoli tunggal pasar uang dan pasar barang
  4. Biaya, kaum kapitalis global ingin menghemat biaya dengan cara mendirikan pabrik-pabriknya di negara-negara bekas jajahan yang buruhnya murah
  5. Persaingan, kaum kapitalis global ingin menghancurkan kapitalis nasional yang tidak bersedia menjadi patnernya.
Kelima dorongan itu merupakan bahaya bagi Negara-Negara Sedang Berkembang karena mereka lemah di bidang politik, ekonomi, ilmu, teknologi, dan modal. Kelemahan-kelemahan itu di manfaatkan oleh kapitalis global untuk memimpin (menghegemoni) dari menguasai (mendominasi) hampir semua aspek kehidupan di Negara-Negara Sedang Berkembang. Dari kelima dorongan itu yang paling berbahaya adalah keinginan kapitalis global untuk memimpin dunia, artinya dunia harus berada di bawah kekuasaannya; kapital harus berkuasa di seluruh dunia; negara harus tunduk terhadap kapitalis global.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.28

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Bisnis Global yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

2 komentar:

Posting Komentar

Back to top