Pengertian Usaha dan Pengusaha

Pengertian Usaha dan Pengusaha - Apakah kita mengetahui perbedaan dari penjual Bakso Lapangan Tembak Senayan dengan Penjual bakso di area kampus. Penjual bakso di area kampus apakah bisa dikatakan salah satu pengusaha karena dia mempunyai suatu kegiatan produksi yang mengolah sesuatu menjadi suatu produk makanan yaitu bakso serta memperoleh keuntungan/laba.
Pengertian Usaha

Pengertian Pengusaha
Sama halnya dengan kegiatan memperoduksi sesuatu dengan bakso lapangan tembak senayan, tentu saja penjual bakso di area kampus walaupun mempunyai suatu kegiatan usaha akan tetapi belum bisa disebut sebagai pengusaha karena seseorang disebut pengusaha apabila menjalankan suatu jenis perusahaan. Penjual bakso di area kampus itu usahanya belum didaftarkan menjadi badan usaha swasta yang berbadan hukum sehingga orang yang memiliki bakso lapangan tembak senayan bisa disebut pengusaha.

Pengertian perusahaan menurut pasal 1 UU No 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan (Zaeni, 32): "Perusahaan adalah setiao bentuk badan usaha yang menjalankan setiap jenis usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan/laba." Dari pengertian di atas ada dua unsur pokok yang terkandung dalam suatu perusahaan yaitu:
  1. Bentuk badan usaha yang menjalankan setiap jenis usaha baik berupa suatu persekutuan atau badan usaha yang didirikan, bekerja dan berkedudukan di Indonesia;
  2. Jenis usaha yang berupa kegiatan dalam bidang bisnis yang dijalankan secara terus-menerus untuk mencari keuntungan.
Adapun pengertian usaha dan pengusaha menurut pasal 1 Undang-Undang Nomor 3 Tahun 1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan (Solihin, 27):

Usaha adalah setiap tindakan, perbuatan atau kegiatan apa pun dalam bidang perekonomian yang dilakukan oleh setiap pengusaha untuk tujuan untuk memperoleh keuntungan dan/atau laba.

Pengusaha adalah setiap orang perseorangan atau persekutuan atau badan hukum yang menjalankan suatu jenis perusahaan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.21

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Usaha dan Pengusaha yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

2 komentar:

Posting Komentar

Back to top