Pengertian Sistem Operasi Komputer

Pengertian Sistem Operasi Komputer - Sistem operasi komputer merupakan bagian yang penting dalam suatu sistem komputer, merupakan jantung dari komputer. Sistem operasi komputer merupakan program yang digunakan untuk mengendalikan sistem input/output, seperti keyboard, disk drive, dan digunakan untuk membaca dan menjalankan program. Sistem operasi juga merupakan sekumpulan mekanisme dan kebijakan yang membantu mendefinisikan pengendalian sumber daya (resource) yang di share (digunakan bersama). Sistem operasi komputer sangat bermacam-macam, hampir setiap pembuat komputer membuat sistem operasinya sendiri-sendiri.
Pengertian Sistem Operasi Komputer
Prngrrtian Sistem Operasi Komputer

Sistem operasi dibedakan berdasarkan kemampuan untuk menangani proses dan pemakai komputer pada saat yang bersamaan menjadi sistem operasi standalone dan multiuser. Pada sistem operasi standalone, komputer hanya dapat digunakan untuk satu pemakai saja pada saat yang bersamaan, tetapi proses yang ditanganinya bisa lebih dari satu pada saat yang bersamaan; sedangkan dengan dengan sistem operasi multiuser, komputer dapat digunakan untuk melayani proses dari banyak pemakai pada saat yang bersamaan (multitasking). Dos termasuk contoh sistem operasi komputer yang standalone, sedangkan Unix dan Linux termasuk contoh sistem operasi multiuser.

Berikut adalah nama-nama sistem operasi yang terkenal:
  • Unix. ULTRIX. AIX, FreeBSD, BSDI, dan Linux Merupakan sistem operasi jaringan komputer standar yang banyak digunakan orang. Linux bisa dikatakan varian Unix yang paling terkenal saat ini, karena berangkat dari konsep open source yang memungkinkan pemakainya tidak perlu memiliki lisensi untuk memiliki dan memakainya, baik untuk keperluan pribadi, non profit, sampai dengan komersial.
  • DOS - Windows. DOS, sistem operasi ini merupakan sistem operasi yang dikembangkan untuk komputer pribadi (Personal Computer, PC). Sistem operasi ini lebih populer dibandingkan sistem operasi lain yang mendahuluinya, mungkin disebabkan lebih banyak karena PC lebih terjangkau harganya sehingga banyak pemakainya.
  • VM, MVS, CICS. Merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh IBM untuk komputer mainframenya. Sistem awalnya merupakan sistem operasi yang sangat proprietary. Kini sistem operasi IBM telah mulai dilengkapi dengan protokol TCP/IP sebagai jembatan untuk menghubungkan mainframe IBM dengan internet.
  • VMS, OpenVMS. Sistem operasi ini merupakan sistem operasi pada komputer DEC. ULTRIX merupakan sistem operasi Unix untuk komputer DEC. Open VMS merupakan keluarga sistem operasi dilingkungan DEC yang menjembatani antar sistem operasi yang telah ada. Sistem operasi ini diharapkan sebagai sistem operasi yang dapat mengakomodasi kebutuhan pemakai dari lingkungan Unix dan VMS.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 19.08

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Sistem Operasi Komputer yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top