Pengertian Imunologi

Pengertian Imunologi - Imunobiologi merupakan ilmu yang mempelajari dasar imunologi. Sedang imunologi sendiri merupakan ilmu yang mempelajari sistem imunitas dalam tubuh. Imunitas berasal dari kata immunis yang dipakai pada masa kerajaan Romawi untuk warga yang bebas dari membayar pajak atau kerja paksa. Maka imunologi berasal dari 2 buah kata bahasa latin, immunis dan logos yang berarti ilmu. Dua rangkaian akar kata tersebut bukan memberikan arti pada imunologi sebagai ilmu untuk mencari cara-cara menghindar dari kewajiban membayar pajak atau kebal terhadap pajak, melainkan ilmu yang mengkaji bagaimana tubuh dapat menghindar dari penyakit. 
Pengertian Imunologi

Imunologi Adalah
Dalam perkembangannya imunologi bukan saja mengkaji bagaimana tubuh dapat menghindar dari penyakit, melainkan menjangkau wawasan yang lebih luas lagi. Sehingga sistem imunitas tidak terbatas pada sistem kekebalan tubuh. Sistem imunitas melibatkan kumpulan sel-sel, jaringan dan molekul-molekul yang aktif dalam kegiatan tubuh yang berfungsi diantaranya dalam pertahanan terhadap infeksi yang menyerang tubuh atau terhadap bahan-bahan yang merugikan tubuh.

Sebagai suatu ilmu yang mandiri, imunologi merupakan cabang ilmu kedokteran yang baru berkembang, karena sebelumnya imunologi diawali dari pengkajian para ahli mikrobiologi. Tetapi kemudian karena pertumbuhannya yang begitu cepat, maka pada akhirnya imunologi merupakan ilmu yang mandiri, terlepas dari mikrobiologi.

Walaupun sistem imunitas sesungguhnya merupakan sistem yang rumit, namun bersifat menyeluruh atau holistik. Berdasarkan dua kenyataan dari sistem imun tersebut, maka sebelum kita masuk dalam masalah yang lebih detail.

Untuk melacak pengetahuan manusia tentang fungsi pertahanan tubuh terhadap penyakit, dimulai dengan melacak dari catatan sejarah yang mengabarkan tentang perkembangannya penyakit dalam masyarakat. Dalam catatan kebudayaan purba telah terungkap bahwa masyarakat manusia seharusnya telah mengetahui bahwa telah terjadi kerusakan tubuh karena suatu penyakit yang timbul dalam suatu wabah yang berlangsung pada awal terbentuknya organisasi masyarakat. Dalam catatan yang berbentuk syair Babilonia yang bertarich sekitar 2000 tahun sebelum Masehi, mengindikasikan bahwa telah pernah dialami peristiwa penyakit dan wabah penyakit dalam masyarakat. Demikian pula telah tercatat dalam rekaman yang ditemukan dari kerajaan dinasti Mesir yang terjadi pada masa yang lebih tua lagi adanya penyakit.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 19.10

Ditulis Oleh : gunawan graha ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Imunologi yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top