Pengertian Smash dalam Bola Voli

Pengertian Smash dalam Bola Voli - Smash merupakan suatu keahlian yang penting untuk mendapatkan angka. Seorang pemain yang pandai melakukan smash atau dengan istilah asing disubut smasher harus memiliki kegesitan, pandai melompat, dan mempunyai kemampuan memukul bola dengan keras. Ada empat jenis smash, antara lain: Smash depan (frontal smash), Frontal smash dengan twist (smash depan dengan memutar), Smash dari pergelangan tangan, Dump (smash pura-pura).

Pengertian Smash dalam Bola Voli


Pendidikan Jasmani, Olahraga, Dan Kesehatan 13 Taktik penyerangan diartikan sebagai suatu siasat yang dijalankan oleh perorangan, kelompok, maupun tim terhadap lawan dengan tujuan memimpin dan mematahkan pertahanan dalam rangka memenangkan pertandingan secara sportif.

Dalam proses melakukan smash atau spike maka seorang smasher perlu melakukan beberapa teknik untuk melakukan gerakan-gerakan yang komplek sehingga menghasilkan pukulan yang benar-benar keras dan akurat. Saat akan melakukan tindakan memukul memerlukan persiapan sebagai bagian dari tahapan yang harus dilakukan sebelum tangan kontak langsung dengan bola untuk selanjutnya memukul dengan kekuatan penuh pada bagian atas bola.

Maka, jika teknik atau tahapan itu berjalan dengan baik maka bola akan meluncur terjal dengan kecepatan tinggi menuju sasaran yang sebelumnya sudah dipikirkan kemana bola akan dijatuhkan pada lapangan lawan. Keberhasilan dalam melakukan smesh yang baik akan membuat lawan tidak mampu membendung datangnya bola yang sangat cepat. Kalaupun misalnya pihak lawan mampu melakukan bloking k biasanya bola akan tetap terpental ke luar lapangan.

Namun smash atau pukulan keras dan tajam bukan jaminan bola akan masuk tanpa diberengi dengan teknik yang memadai, terlebih jika lawan bermain lebih tangguh tentu bisa jadi bumerang karena bisa saja permainan telah diketahui lawan sehingga serangan balik bisa saja terjadi tanpa kita sadari. 

Namun semua itu merupakan bagian dari teknik dasar permainan bola voli yang bisa dipelajari dengan latihan secara terus-menerus dan ketekunan tentu akan berbuah hasil yang baik. Hal terpenting dalam permainan bola voli sebenarnya bukan pada smash, menurut saya passing justru lebih penting karena menjadi tolak ukur permainan berjalan dengan baik dan kompak. Kalau semua jago smash dan terobsesi untuk terbang memberi pulan telah siapa yang akan mengoper bola ayo! 
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.54

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Smash dalam Bola Voli yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top