Pengertian Penilaian Proyek

Pengertian Penilaian Proyek - Penilaian Proyek adalah penilaian terhadap tugas yang harus diselesaikan dalam periode waktu tertentu. Tugas tersebut berupa suatu investigasi sejak dari pengumpulan, pengorganisasian, , pengevaluasian, hingga penyajian data. Karena dalam penilaian proyek bersumber pada data primer atau sekunder, evaluasi hasil dan kerjasama dengan pihak lain, proyek merupakan suatu sarana yang penting untuk menilai kemampuan umum dalam suatu bidang. proyek juga dapat memberikan informasi tentang pemahaman dan pengetahuan peserta didik pada pembelajaran tertentu, kemampuan peserta didik pada pembelajaran tertentu, kemampuan peserta didik dalam mengaplikasikan pengetahuan, dan kemampuan dalam mengkomunikasikan informasi.

Pengertian Penilaian Proyek

Dari pengertian diatas dapat diidentifikasi beberapa poin pokok dalam memahami pengertian dari penilaian proyek yaitu :
•      Penilaian proyek merupakan penilaian berbasis kelas
•      Penilaian proyek dilakukan pada mata pelajaran tertentu
•      Penilaian proyek dilakukan secara kontekstual dan komprehensif
•      Penilaian proyek berorientasi pada pengembangan kompetensi siswa
•      Penilaian proyek menekankan pada proses dan produk
•      Penilaian proyek dikerjakan selama periode waktu tertentu

Dalam penilaian proyek setidaknya ada 3 hal yang pelu dipertimbangkan sebagai berikut:

1.      Kemampuan Pengelolaan
Kemampuan peserta didik dalam memilih topik dan mencari informasi serta dalam mengelola waktu pengumpulan data dan penulisan laporan.

2.      Relevansi
Kesesuaian dengan mata pelajaran, dalam hal ini mempertimbangkan tahap pengetahuan, keterampilan, dan pemahaman dalam pelajaran

3.      Keaslian
Proyek yang dilakukan peserta didik harus merupakan hasil karyanya, dengan mempertimbangkan konstribusi guru pada proyek peserta didik, dalam hal ini petunjuk atau dukungan.

Ada dua tipe penilaian proyek yaitu
  • Penilaian proyek yang menekankan pada proses misalnya merencanakan dan mengorganisasikan investigasi, bekerja dalam tim.
  • Penilaian proyek yang menekankan pada produk, misalnya mengidentifikasi dan mengumpulkan informasi yang relevan, menganalisis dan menginterpretasi data, mengkomunikasikan hasil.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 09.13

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Penilaian Proyek yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top