Minggu, 20 November 2016

Pengertian Relay

| Minggu, 20 November 2016
Pengertian Relay - Relay merupakan alat elektromekanik yang bekerja berdasarkan induksi elektromagnetik. Relai menggunakan sebuah elektromagnet untuk membuka maupun menutup satu kontak atau lebih. Kontak relai yang terbuka ketika relai tidak dialiri arus disebut kontak normal terbuka (normally open = NO). Sebaliknya, kontak relai yang tertutup ketika relai tidak dialiri arus disebut kontak normal tertutup (normally closed = NC).

Relay

Skema Relay


Relay menggunakan Prinsip Elektromagnetik untuk menggerakkan Kontak Saklar sehingga dengan arus listrik yang kecil (low power) dapat menghantarkan listrik yang bertegangan lebih tinggi. Sebagai contoh, dengan Relay yang menggunakan Elektromagnet 5V dan 50 mA mampu menggerakan Armature Relay (yang berfungsi sebagai saklarnya) untuk menghantarkan listrik 220V 2A.

Ketika kumparan tidak dialiri arus, kontak bersama terhubung dengan ujung NC. Ketika kumparan tersebut dialiri arus, elektromagnet tersebut akan menarik  plat besi sehingga kontak bersama tersebut terhubung ke ujung NO.

Relay terdiri dari berbagai bentuk, semua tergantung dari perusahaan pembuat relay. Namun jika dilihat dari kaki-kaki yang terdapat pada relay, Ada relay yang memiliki socket, relay yang memiliki socket ini biasanya banyak kita jumpai pada panel-panel listrik

Karena Relay merupakan salah satu jenis dari Saklar, maka istilah Pole dan Throw yang dipakai dalam Saklar juga berlaku pada Relay. Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai Istilah Pole and Throw :

Pole : Banyaknya Kontak (Contact) yang dimiliki oleh sebuah relay
Throw : Banyaknya kondisi yang dimiliki oleh sebuah Kontak (Contact)

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar