Selasa, 07 Maret 2017

Pengertian Pelapukan

| Selasa, 07 Maret 2017
Pengertian Pelapukan - Pelapukan benda-benda di bumi dapat disebabkan oleh iklim. Batuan penyusun kerak bumi, karena pengaruh suhu, hujan, dan kelembapan yang sangat lama, dapat terurai atau melapuk menjadi butiran-butiran yang lebih kecil. Butiran kecil itulah yang disebut tanah.

Pengertian Pelapukan


Pelapukan juga dapat disebabkan oleh angin. Angin padang pasir dapat menerbangkan butiran pasir dan membenturkannya ke batuan yang besar. Makin lama makin terbentuk tugu-tugu berukuran besar. Pada saat kekuatan angin berkurang. Sebagian, sebagian pasir rontok dan menghasilkan gundukan pasir. Pasir pada gundukan itu akhirnya tertiup ke daratan subur dan menutupinya. Akibatnya kawasan gurun pasir lebih luas.

Selain angin, air juga dapat menyebabkan terjadinya pelapukan. Batuan yang sangat keras dapat terkikis sedikit demi sedikit oleh air. Prosesnya, air masuk ke batuan melalui celah-celahnya. Pada saat air membeku di dalam celah batuan, air mengambang dan mampu memecah batu yang ditempatinya. Batuan juga dapat melapuk karena terkena arus air sungai. Dapatkah kamu menjelaskan prosesnya?

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar