Pengertian Hakikat Penelitian

Pengertian Hakikat Penelitian - Penelitian dapat diartikan secara etimologi (bahasa) dan terminologi (istilah). Secara bahasa penelitian merupakan terjemahan dari kata Inggris research, atau kebanyakan ahli menyebutnya riset. Research itu sendiri berasal dari kata-kata : Re dan Search. Re berarti kembali dan Search berarti mencari. Bila disimpulkan secara bahasa, makna penelitian adalah “mencari kembali”. Pemahaman makna “mencari kembali” berarti mencari kembali kebenaran ilmu pengetahuan secara ilmiah. Kebenaran ilmu pengetahuan dibatasi oleh terbatasnya ruang dan waktu dalam penemuan ilmu pengetahuan tersebut. Karena itu, sangat diperlukan secara terus menerus pencarian kembali kebenaran ilmu tersebut melalui proses penelitian.

Hakikat Penelitian (Sumber: Google)


Sedangkan secara istilah, penelitian dapat diartikan dari beberapa pendapat ilmuwan. Pendapat ilmuwan tersebut sesuai dengan cara pandnag mereka masing-masing. Menurut kamus Webster’s New International, penelitian adalah penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta dan prinsip-prinsip; suatu penyelidikan yang amat cerdik untuk menciptakan sesuatu. Hillway dalam Nazir berpendapat bahwa penelitian tidak lain dari suatu metode studi yang dilakukan seseoarang melalui penyelidikan yang hati-hati dan sempurna terhadap suatu masalah, sehingga ditemukan pemecahan yang tepat terhadap masalah tersebut. Whitney dalam nazir menyatakan bahwa disamping untuk menemukan kebenaran, kerja menyelidik harus pula dilakukan secara sungguh-sungguh dalam waktu yang lama. Dengan demikian, penelitian merupakan suatu metode untuk menemukan kebenaran sehingga penelitian juga merupakan metode berpikir kritis.

Penelitian dengan menggunakan metode ilmiah sehingga disebut penelitian ilmiah (scientific research). Dalam penelitian ilmiah selalu ditemukan dua unsur penting yaitu unsur observasi (pengamatan) dan unsur nalar (reasoning). Unsur observasi merupakan kerja dengan mana pengetahuan mengenai fakta-fakta tertentu diperoleh melalui kerja mata (pengamatan) dengan menggunakan persepsi (sense of perception). Nalar adalah suatu kekuatan dengan mana arti dari fakta-fakta, hubungan dan interelasi terhadap pengetahuan yang timbul, sebegitu jauh ditetapkan sebagai pengetahuan yang sekarang.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 06.55

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Hakikat Penelitian yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top