Senin, 26 Juni 2017

Pengertian dan Desain Evaluasi Program

| Senin, 26 Juni 2017
Pengertian dan Desain Evaluasi Program - Program adalah suatu rencana yang melibatkan berbagai unit  yang berisi kebijakan dan rangkaian kegiatan yang harus dilakukan dalam kurun waktu tertentu.
Evaluasi adalah kegiatan untuk mengumpulkan informasi tentang bekerjanya sesuatu, yang selanjutnya informasi tersebut digunakan untuk menentukan alternatif yang tepat dalam mengambil keputusan.

Pengertian dan Desain Evaluasi Program

Jadi, Evaluasi program merupakan pelayanan bantuan kepada pelaksana program untuk memberikan input bagi pengambilan keputusan tentang kelangsungan program tersebut. Oleh karena itu, maka pelaksana evaluasi program harus memahami seluk beluk program yang dinilai. Adapun langkah-langkah desain evaluasi, diantaranya yaitu :(Purwanto, 1999, hal. 73).

Evaluasi program bertujuan untuk mengetahui pencapaian tujuan program yang telah dilaksanakan. Selanjutnya, hasil evaluasi program digunakan sebagai dasar untuk melaksanakan kegiatan tindak lanjut atau untuk melakukan pengambilan keputusan berikutnya. Evaluasi  sama artinya dengan kegiatan supervisi. Kegiatan evaluasi/supervisi dimaksudkan untuk mengambil keputusan atau melakukan tindak lanjut dari program yang telah dilaksanakan. Manfaat dari evaluasi program dapat berupa penghentian program, merevisi program, melanjutkan program, dan menyebarluaskan program


1. Menyusun desain evaluasi
Pada langkah ini evaluator mulai mempersiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan pelaksanaan evaluasi, mulai menentukan tujuan evaluasi, model yang digunakan, informasi yang akan dicari, serta metode pengumpulan dan analisis data.

2. Pengembangan instrument pengembangan data
Setelah metode pengumpulan data-data ditentukan, langkah selanjutnya adalah menentukan bentuk instrument yang akan digunakan serta kepada siapa instrument ditujukan (responden). Kemudian setelah itu dikembankan butir-butir dalam instrument.

3. Pengumpulan data, analisis dan judgement
Pada langkah ini evaluator terjun kelapangan untuk mengimplementasikan desain yang telah dibuat, mulai dari pengumpulan dan menganalisis data, menginterprestasikan, dan menyajikan Dalam bentuk yang mudah untuk dipahami dan komunikatif.Pengumpulan data bisa dengan populasi atau teknik sampling.Berdasarkan data yang dikumpulkan kemudian dianalisis kemudian judgement berdasarkan kriteria atau standar yang telah ditetapkan sebelumnya. Dari hasil judgement kemudian disusun rekomendasi kepada penyelenggra kegiatan maupun pihak lain yang berkepentingan dengan kegiatan.

4. Menyusun hasil laporan evaluasi
Laporan disusun sesuai dengan kontrak yang telah disetujui.Gaya dan format penyampaian laporan harus diesusaikan dengan penerima laporan.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar