Pengertian Layanan Orientasi BK

Pengertian Layanan Orientasi BK - Layanan orientasi merupakan layanan BK diberikan oleh guru BK atau konselor dalam rangka orientasi/ memperkenalkan arah pelaksanaan pendidikan di sekolah. Layanan orientasi biasanya diberikan pada awal masuk sekolah, misalnya semseter baru, kelas baru, lingkungan baru, dan lain-lain. Layanan orientasi berfokus pada pengenalan seutuhnya mengenai kondisi, keadaan, yang ada dalam dan diluar diri  siswa untuk mengembangkan meningkatkan pemahaman siswa sehingga secara langsung dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa.


Materi layanan orientasi terarah pada pengembangan pribadi, hubungan sosial, dan kemampuan belajar dalam dimensi karakter serta pengembangan arah, peminatan, wawasan, dan implementasi arah karir. Setiap materi layanan orientasi pada siswa perlu ditekankan  nilai-nilai spritual, emosional dan inteleginsi secara utuh.

Isi layanan orientasi dapat diangkat, bidang pengembangan pribadi, bidang pengembangan hubungan sosial, bidang pengembangan kegiatan belajar, bidang pengembangan karier, bidang pengembangan kehidupan berkeluarga, bidang pengembangan kehidupan keberagaman. Fungsi utama bimbingan yang didukung oleh layanan orientasi ialah fungsi pemahaman dan pencegahan.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 07.32

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Layanan Orientasi BK yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top