Senin, 10 Juli 2017

Pengertian Roman

| Senin, 10 Juli 2017
Pengertian Roman - Istilah roman diambil dari bahasa Prancis abad ke-12 yang kemudian menjadi sangat populer, bahkan juga mempunyai arti slang yaitu pacaran. Hal ini terjadi mungkin karena dalam roman biasa dikisahkan percintaan dua orang muda. Roman menceritakan kehidupan pelaku dari lahir sampai meninggal. Roman lebih panjang daripada novel.

Pengertian Roman


Roman Indonesia yang penting misalnya Salah Asuhan (1928), Atheis, Belenggu, Keluarga Gerilya, Jalan Tak Ada Ujung, Pada Sebuah Kapal. Beberapa Roman Indonesia sudah difilmkan. Misalnya: Siti Nurbaya karangan Marah Rusli. Roman adalah sebuah karya gambaran dunia yang diciptakan oleh pengarangnya, yang di dalamnya menampilkan keseluruhan hidup suatu tokoh beserta permasalahannya, terutama dalam hubungan dengan kehidupan sosialnya.

 Berdasarkan penitikberatan cerita, roman dibagi dalam :

  1. Roman Kriminal dan Detektif ( Krimi –und Detektivroman)
  2. Roman Petualangan ( Abendteuerroman)
  3. Roman Psikologi ( psychologischer Roman )
  4. Roman Pencintaan (Liebesroman)
  5. Roman Hiburan (Unterhaltungsroman)
  6. Roman Anak dan Remaja (Kinder-und Jugendroman)
  7. Roman pendidikan (Bildsdungsroman) 
Roman dalam arti lain merupakan suatu cerita yang memiliki urutan kejadian yang bersambung antara yagn satu dengan yang lainnya. Yang dapat melukiskan beberapa pengalaman-pengalaman dari batin dan juga lahir yang berasal dari tokoh-tokoh yang berasal dari situasi hidup tertentu.

Roman memang sengaja di ciptakan atau di buat untuk dapat menampilakn secara keseluruhan dari perjalanan hidup sang tokoh, semua lengkap bahkan dengan segala permasalahan yang ada termasuk dengan segala permasalannya dengan kehidupan sosialnya yang di ceritakan oleh si pengarang.

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar