Pengertian Diversitas Kebudayaan

Pengertian Diversitas Kebudayaan - Dalam suatu negara tentunya memiliki kebudayaan lebih dari satu. Keanekaragaman budaya ini dalam antropologi dinamakan diversitas. Dengan kata lain diversitas kebudayaan adalah kebudayaan yang ada sangat beragam. Hal ini terjadi di Indonesia. Indonesia memiliki banyak pulau yang di daerahnya terdapat beragam suku bangsa, bahasa, dan agama. Menurut Van Vollenhoven Indonesia terbagi menjadi 19 daerah berikut ini.

Pengertian Diversitas Kebudayaan


Suku bangsa di Indonesia terdiri dari pelbagai suku bangsa, di antaranya adalah Jawa, Sunda, Madura, Aceh, Batak, Minangkabau, Bali, dan Bugis.

Suku yang terbesar di Indonesia adalah Jawa. Persentase suku Jawa sekitar 45% dari seluruh populasi. Suku Jawa berasal dari bagian tengah dan timur Pulau Jawa. Suku terbesar kedua adalah suku Sunda. Persentase suku Sunda sekitar 14% dari seluruh populasi. Sebagian besar mendiami Pulau Jawa bagian barat. Sementara itu, suku terbesar ketiga adalah suku Madura. Persentase suku Madura sekitar 7,5% dari seluruh populasi. Suku Madura umumnya mendiami Pulau Madura yang terletak di bagian timur Pulau Jawa dan Kepulauan Kangean. Adapun suku bangsa terbesar keempat adalah suku Minangkabau. Persentase suku Minangkabau sekitar 3% dari seluruh populasi. Suku Minangkabau umumnya tinggal di Provinsi Sumatra Barat. Minangkabau menganut sistem matrilineal.

Di samping suku bangsa-suku bangsa tersebut, ada pula etnis Tionghoa yang besarnya sekitar 3% saja. Meskipun populasinya hanya sedikit, namun etnis Tionghoa adalah kekuatan utama ekonomi di Indonesia. Etnis ini berasal dari selatan Cina, yakni berasal dari ras Hakka, Hokkien, atau Kanton.

Etnis Tionghoa di Indonesia biasanya terbagi menjadi dua kelompok; yaitu:
a. Cina Peranakan adalah etnis Cina yang menggunakan bahasa Indonesia sebagai bahasa utamanya dan mengadopsi adat istiadat Indonesia;
b. Cina Totok adalah etnis Cina yang menggunakan bahasa Cina murni dan memegang kebudayaan Cina. Mereka umumnya adalah pendatang generasi pertama atau kedua.
Written by: Budianto
Biologi Online, Updated at: 16.30

Ditulis Oleh : Budianto SPd ~ Budhii Weblog

Budianto Anda sedang membaca artikel berjudul Pengertian Diversitas Kebudayaan yang ditulis oleh Pengertian ILMU yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Pengertian ILMU

0 komentar:

Posting Komentar

Back to top